Tips Disain Rumah Tinggal Tanpa Air Conditioning

Diposting oleh Wikey on Aug 19, 2009


Panas merupakan faktor yang mau nggak mau memasukkan pemasangan AC dalam list Gambar Disain Rumah atau pembangunan rumah baru kita. Padahal dengan pemasangan AC, selain pengeluaran listrik menjadi besar, juga merupakan langkah yang tidak ramah lingkungan. Bagaimana caranya mengatasi kondisi yang panas dan meminimalkan penggunaan AC?

Berikut beberapa tips memaksimalkan Disain Rumah baru yang sejuk tanpa menggunakan AC:

Disain Rumah Tinggal anda dengan menggunakan bahan atap pada bangunan rumah yang dapat menghalau panas, material yang baik untuk menghalau panas adalah genteng. Penggunaan atap dengan material asbes, metal ataupun seng sebaiknya diganti dengan genteng.

Gambar Disain Rumah dan Atur jarak antara plafon dengan lantai. Jarak plafon ke lantai yang baik adalah 3 meter ~ 4 meter atau lebih tergantung dari luas ruangan. Dengan penggunaan jarak seperti ini disain rumah baru anda menjadi lebih menarik.

Ventilasi bangunan atau Disain Rumah haruslah lancar, penggunaan jendela yang berukuran besar dan mengikuti aliran udara sebaiknya diperhatikan. Jendela sebaiknya berasa di sisi utara dan selatan rumah agar dapat menjadi sirkulasi udara. Bila perlu gunakan ventilasi bantu (exhaust fan) untuk menghisap udara dari dalam rumah (Gambar Rumah).

Disain Rumah Tinggal tidak menghadap langsung matahari, atau tidak menghadap barat atau timur, tetapi sebaiknya menghadap Utara atau Selatan. Bilamana disain rumah anda anda menghadap barat atau timur, sebaiknya gunakan sun screen untuk menghalau sinar langsung matahari atau misal dengan menanam pohon di halaman rumah anda.

Gunakan taman untuk meminimalisir panas, contohnya contoh taman di sisi barat dan timur dapat menghalau sinar matahari langsung dan membuat hawa yang mauk ke rumah menjadi sejuk.

citraindahrumahku.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }