Tantangan Membuat Miniatur Kapal

Diposting oleh malamjumat on Aug 12, 2009


Setiap sudut dan bagian miniatur kapal, merupakan sebuah karya yang rumit dibanding kerajinan tangan lainnya. Butuh kesabaran dan ketekunan untuk membuatnya. Apalagi kalau pesanan datang dari crew kapal.

Padahal, detil pembuatan
miniatur kapal cukup banyak dan rumit. Tapi justru inilah tantangannya!


Ukuran miniatur kapal yang dibuat sanggar seni pimpinannya memang beragam. Untuk membuat sebuah
miniatur kapal berukuran 60 cm, dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Sedangkan untuk miniatur kapal yang setinggi 190 cm dan cukup rumit, perlu waktu hingga 2 minggu. Bahan yang digunakan antara lain, paduan Kayu Jati dan Kayu Mahoni, mote-mote untuk hiasan, dan benang nylon untuk tali layarnya.


Selain itu, ada juga
kerajinan miniatur kapal dalam botol. Banyak yang mengira, tingkat kesulitan membuatnya jauh lebih rumit dibanding kerajinan miniatur kapal biasa. Padahal, justru sebaliknya.
Untuk membuat satu buah kerajinan miniatur kapal dalam botol, cuma dibutuhkan waktu sekitar 3 jam saja. Caranya, bagian-bagian kerajinan miniatur kapal dirangkai dulu, baru dimasukkan satu persatu ke dalam botol dengan menggunakan sumpit. Prosesnya relatif lebih mudah, karena bagan-bagan kapalnya sederhana dan tidak terlalu detil.

http://put-pen-to-paper.blogspot.com


{ 1 komentar ... read them below or add one }

miniatur kapal said...

wah bagus sekali tuh miniatur kapalnya