Pilih Baby Sitter atau Daycare?

Diposting oleh Wikey on Aug 24, 2009


Pilih babysitter atau Pembantu Rumah Tangga berarti anak akan tetap berada di lingkungan nyaman yaitu rumah. Anak hanya akan beradaptasi dengan orang baru selain orang tuanya. Keuntungannya tentu saja anak tetap bermain dan bergerak di ruang yang sama, lebih nyaman, dan peraturan pun tetap sesuai kesehariannya. Juga kita tetap dapat menerapkan ‘do’s and don’ts’ yang sama pada babysitter atau Pembantu Rumah Tangga, dan babysitter pun bisa menjalankannya. Tapi setiap hari anak akan tenggelam pada rutinitas yang sama dan hanya berteman dengan babysitter (Penyalur Baby Sitter).

Sedangkan kalau kita pilih daycare, anak akan berkenalan dengan suasana baru dan mengenal teman-teman seusianya. Mereka akan bertemu banyak orang, belajar mengenal karakter, bertoleransi, dan tak melulu tenggelam dalam suasana yang sama. Pun belajar menghadapi suasana yang lebih riuh dan beradaptasi dengan peraturan baru. Yang mesti diwaspadai, karena berkumpul banyak orang, kalau ada yang sakit flu, anak kita bisa tertular. Hal lain, tidak semua anak memiliki kesamaan mudah beradaptasi. Bagi yang cukup susah, barangkali pada hari-hari pertama di daycare jadi terasa berat, anak pun mudah rewel.

Yang paling membuat kita tenang adalah menitipkan dengan ibu, saudara, atau yang memiliki hubungan dekat dengan kita. Keterikatan batin itu membuat anak kita juga merasa nyaman. Tapi perhatikan juga jangan sampai mereka jadi memanjakan anak kita. Apalagi ibu atau nenek, biasanya saking sayangnya, sang cucu pun jadi manja atau Jasa Penyalur.

Sebenarnya tidak jauh beda dalam memilih babysitter atau nanny. Pastikan bahwa (Penyalur Baby Sitter dan Penyalur PRT adalah agensi berstandar nasional yang dimonitor pemerintah. Mereka harus memiliki dasar pendidikan sekaligus kesehatan anak. Kalau pilih mereka (Penyalur PRT) untuk tinggal bersama, mesti dicek latar belakang kehidupannya. Pilih mereka lebih tepat daripada sekedar mengambil housekeeper untuk menjaga anak kita. Dengan begitu, tentunya kita tenang meninggalkan anak kita saat bekerja, dan yakin bahwa tumbuh-kembang mereka tetap sesuai jiwanya. Sedikit repot memilih, tidak apa-apa, yang penting aman!

kabarinews.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }