Perhatikan Perawatan AC Spilt dan Window

Diposting oleh Unknown on Aug 3, 2009




Perawatan ac atau bahasa kerennya ‘maintenance air conditioner ‘ adalah salah satu cara agar sistem kerja air conditioner split tetap awet dan tahan lama sehingga dapat meminimalkan biaya/cost. Karena untuk pengadaan air conditioner split (aircon system) perlu dana yang tidak sedikit.

Nah, agar ac tetap menghasilkan suhu dan kelembaban yang ideal, tentu butuh perawatan atau service air conditioner. Salah satunya dengan membersihkan saringan udara pada ac yang merupakan komponen vital.

Untuk jenis perawatan ac, ada 2 tipe perawatan yakni perawatan ringan (rutin) dan perawatan lengkap (besar).

Untuk ac rumah, sebaiknya
service air conditioner rutin ringan dilakukan antara dua minggu sampai satu bulan sekali. Lamanya waktu perawatan ini sangat tergantung pada lokasi rumah. Bila lokasi dekat dengan jalan raya atau berada dalam lingkungan padat, sebaiknya perawatan ringan dilakukan dua minggu sekali. Demikian pula bila cuaca panas sekali. Karena biasanya, diikuti dengan debu yang banyak.

Bila rumah berada di lingkungan yang relatif bersih, jarak perawatan rutin dapat lebih panjang, kurang lebih satu bulan. Adapun perawatan lengkap dapat dilakukan tiga-empat (3-4) bulan sekali.

Perawatan besar ini meliputi pembersihan seluruh komponen indoor dan outdoor. Sekaligus mengecek tekanan freonnya untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak. Perawatan air conditioner menjadi bagian yang sangat penting agar jamur, virus, atau bakteri tidak bersarang di situ.

Demi kesehatan, ruangan ber-air conditioner unit juga disarankan tetap menyisakan sedikit ventilasi untuk sirkulasi udara. Pergantian udara dapat memperkecil terjadinya penyebaran bibit penyakit. Namun, sebaiknya lubang udara tersebut tidak terlalu besar agar kerja ac tidak berat dan boros listrik.

Memilih freon

Pemakaian refrigerant ac atau lebih dikenal dengan nama freon juga tidak boleh sembarangan. Untuk pemakaian air conditioner unit rumah, freon yang banyak digunakan adalah r22.

Sebaiknya pengisian freon dilakukan setelah perawatan dan pembersihan saringan udara. Jangan sekali-kali menggunakan freon khusus untuk mobil pada ac lokal karena perbedaan tekanan bisa terjadi ledakan.

Dukung kampanye stop dreaming start action sekarang

Http://cvastro.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }