New Ford Ranger yang Eksklusif & Gagah

Diposting oleh malamjumat on Aug 6, 2009


Sebanyak 9 unit yang merupakan varian yang bakal dilempar ke pasaran nanti telah dipersiapkan FMI untuk memuluskan acara "New Ford Ranger Ride & Drive 2009", Jakarta-Cisaat, Sukabumi, beberapa waktu lalu. Ada yang single cabin, double cabin, dan RAS (double cabing tanggung). Semuanya mengusung tiga jenis mesin diesel, yakni 2.5L Indirect Injection dengan turbo intercooler, 2.5L Direct Injection Commonrail dengan turbo intercooler dan VGT (variable geometry turbocharger), dan 3.0L Direct Injection Commonrail dengan turbo intercooler & VGT.

Side air bags

Ada
dua kesan kuat yang berhasil direkam Kompas.com pada New Ford Ranger ini. Pertama, dari sosok tampilan. Dengan tag line "Tough Style", tampak sekali pada desain eksterior mobil yang kuat, terutama bagian depannya.


Seperti gril dengan tiga bilah memanjang yang dikrom merupakan ciri khas desain
Ford sebagai fitur utama dari F-150. Ditambah lagi, pada bilah paling atas terdapat tulisan Ranger dengan teknik cetak timbul, secara keseluruhan mengingatkan dengan model gril mobil Range Rover.


Tampilan depan kian sporty dipadu desain lampu utama yang ramping, plus desain bonnet lebih kokoh dan rongga udara yang besar di bumper menguatkan kesan gagah New
Ford Ranger, tetapi tetap gaya. Ditambah pemakaian velg 16 inci dari bahan alloy, hal ini mencerminkan gaya yang kuat.


Masuk ke interior, badan pengemudi dan penumpang depan "terkunci" oleh model jok yang sedikit semi-bucket. Sekalipun sandaran bangku belakang agak tegak, penumpang bisa santai berkat adanya penyangga tangan.


Keunggulan lain dari
mobil Ford Ranger baru yang tak dipunyai kompetitornya, yakni ada Aux in Jack untuk i-Pod. Tak cuma itu, pada varian tertentu telah dilengkapi kantong udara samping. Akan menjadi lebih sempurna, jika evolusi yang dilakukan pada mobil Ford Ranger baru ini meliputi sistem rem tangan yang tidak menganut model lama (di bawah dasbor), bukannya di bagian tengah.


Tenaga Besar

Kesan kuat kedua yang ditangkap Kompas.com adalah tenaga mesin. Kebetulan, dalam perjalanan dari Jakarta menuju Cisaat, Sukabumi, Kompas.com sempat merasakan dua unit
mobil Ford Ranger baru dengan kapasitas mesin yang berbeda.


Dari Jakarta sampai Bogor menjajal D-Cab bermesin 3.0L TDCi. Torsi yang cukup besar 380 Nm pada 1.800 rpm, hentakan akselerasinya sangat kuat, termasuk ketika mencoba dari gigi empat yang dimulai dari putaran mesin 1.900 rpm. Tarikan mesin bertenaga 115 dk itu masih terasa.


Begitu juga dengan yang mesin 2.5L TDCi bertenaga 105 dk. Pada putaran rendah, tidak terjadi lack pada turbo karena sudah dilengkapi VGT. Bahkan, ketika menerjang medan off-road malam hari, rekan wartawan di sebelah tidak percaya kalau merayap menggunakan gigi persneling 3 dan 4 dibantu dengan gerak empat roda yang rendah (4L).


Lebih tidak percaya lagi, saat menerjang tebing dengan kemiringan 45 derajat sepanjang 150 meter. Masih dengan 4L, start pakai gigi dua dan ketika sampai di tengah pindah ketiga. Ternyata,
mobil Ford Ranger RAS sampai juga di atas.


Kenyamanan mengemudi di medan off-road akan diraih dengan sempurna bila diameter genggaman kemudi lebih besar lagi. Yang ada sekarang ini, pas untuk ukuran sedan sehingga, dengan tenaga mesin yang besar, ketika diputar, terasa ringan.


http://otomotif.kompas.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }