Mengasuransikan Kendaraan

Diposting oleh malamjumat on Aug 21, 2009



Memilih perusahaan asuransi untuk melindungi kendaraan kesayangan bukanlah hal yang sederhana. Di tengah persaingan para penyedia jasa asuransi, berbagai iming-iming untuk konsumen pun hinggap di telinga Anda. Mulai dari premi yang rendah, lingkup pertanggungan yang luas, kendaraan pengganti, garansi hasil kerja bengkel, dan lain-lainnya.

Lantas, bagaimana konsumen dapat dengan jenih memilah
asuransi kendaraan mana yang paling tepat untuk dipilih? Sebab patut diingat, sekali kita closing dengan sebuah perusahaan asuransi kendaraan, maka sekurang-kurangnya, dalam waktu satu tahun ke depan, Anda akan "terikat", atau rugi.


Coba perhatikan beberapa tip di bawah ini:


1. Pastikan perusahaan
asuransi kendaraan motor & mobil tersebut memiliki kemampuan keuangan yang baik (biasanya bisa dilihat dari risk base capital/RBC). Ini agar Anda yakin bahwa saat terjadi klaim maka perusahaan tersebut dapat membayarnya.


2. Lihat apakah perusahaan
asuransi kendaraan bermotor tersebut memiliki kelengkapan jaminan yang Anda butuhkan, misalnya komprehensif, TLO, third party liability, personal accident, huru-hara, banjir, atau gempa. Minta penjelasan detail tentang berbagai jenis asuransi yang ditawarkan itu. Kemudian pilih jenis asuransi yang ditawarkan sesuai kebutuhan Anda.


3. Perhatikan apakah ada tambahan keuntungan lainnya (biasa disebut fitur) dari asuransi itu. Ada perusahaan yang bisa memberikan benefit lebih, contohnya memberikan gratis jasa perpanjangan STNK.


4. Jangan lupa mengalokasikan dana setiap tahun untuk
asuransi kendaraan bermotor. Pilihlah paket yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda, atau dengan kata lain, Anda bisa mencari perusahaan yang cukup lengkap menyediakan pilihan paket produk.


5. Lihat aksesibilitas dan pelayanan perusahaan. Pastikan perusahaan
asuransi kendaraan motor & mobil yang dipilih membuka kemudahan untuk di kemudian hari, bila Anda harus menghubungi untuk kepentingan klaim atau perpanjangan asuransi.


6. Pilih perusahaan asuransi yang pelayanannya tak berbelit-belit dan memudahkan pemegang polis. Ini termasuk pelayanan saat klaim yang meliputi proses survei, ketersediaan bengkel, dan kualitas bengkel.


www.kompas.com


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar... read them below or add one }