Menentukan Tempat Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on Aug 20, 2009


Ketahuilah lebih dulu anggaran party reception pernikahan yang anda miliki, dan berapa jumlah tamu yang diundang. Pastikan tamu yang diundang adalah mereka yang memiliki hubungan erat dengan anda, pasangan, maupun keluarga anda berdua. Setelah mendapat gambaran, dimana kira-kira tempat menggelar party reception yang dipilih, sesuai dengan detail yang anda mau. Ada kalanya, dengan alasan-alasan tetentu, anda dan pasangan ingin mengadakan wedding party reception di rumah saja (rumah salah satu pihak pengantin). Meskipun tidak dilarang, anda perlu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

* Pastikan jumlah tamu yang hadir sesuai dengan kapasitas ruangan yang dipakai.


* Perhitungkan “arus lalu lintas “ tamu yang akan datang pada
wedding party reception anda. Perhitungan ini bisa dimulai dari tempat parkir kendaraan yang memadai, masuknya para undangan di pintu utama (pastikan tidak berjubel), dilanjutkan menuju ruang pelaminan untuk bertemu sang pengantin, tempat para undangan menikmati jamuan makan hingga akhirnya tibalah saat mereka pulang. Jangan sampai terjadi “bentrokan arus” antara tamu yang datang dengan tamu yang akan pulang.


* Selain para tamu, pastikan juga kenyamanan pihak-pihak lain yang mendukung
bridal party reception anda seperti misalnya tenaga fotografer, video shooting, dan catering. Mereka semua perlu ruang gerak yang cukup agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Fotografer dan pihak video shooting perlu mengambil “angle” yang pas agar tidak ada moment-moment indah yang terlewatkan. Begitu juga dengan tenaga catering yang harus sigap mengganti menu yang habis, agar para tamu yang hadir secara beruntun dapat enjoy menikmati menu. Siapkan tempat dimana para tenaga catering ini menyiapkan aneka hidangan yang jumlahnya beragam dalam porsi besar pula, serta sediakan tempat di mana mereka bisa mencuci piring dengan leluasa.


* Pastikan sudah mendapat izin keramaian dari pihak-pihak terkait (RT/RW). Jangan lupa pula minta izin kepada para tetangga terdekat, karena mungkin dengan adanya pesta anda, akan mengganggu mobilitas mereka untuk sementara waktu. Walaupun mungkin Anda menggunakan jasa
reception organizer.


* Siapkan pengadaan tenaga security yang dapat dipercaya.


* Perhatikan sirkulasi udara dalam rumah.


* Perhitungkan penambahan unsur “lighting” agar suasana rumah tampak beda dibandingkan hari-hari biasa. Kemungkinan juga akan menambah daya listrik.


Jika rumah bukan pilihan anda sebagai tempat hajatan
bridal party reception, pilihan lain bisa berupa gedung atau hotel. Sama halnya seperti pesta di rumah, pesta di gedung atau hotel juga perlu memperhitungkan jumlah tamu yang hadir agar tampak sesuai dengan kapasitas ruangan. Jika dengan alasan-alasan party reception tertentu gedung atau hotel yang digunakan bukan tempat yang familiar digunakan untuk pesta pernikahan, jangan lupa sertakan “denah lokasi” sejelas-jelasnya dalam undangan anda. Bagi yang ingin mengadakan pesta di hotel, biasanya pihak hotel mempunyai “paket umum”.


Dengan demikian, pastikan hotel yang dipilih memang istimewa, baik dari segi tempat
party maupun jasa catering yang ditawarkan. Jangan ragu untuk meminta “test food” agar anda tak ragu mengenai kwalitas cita rasa makanan yang akan dihidangkan. Bersikaplah pro-aktif kepada pihak marketing hotel agar anda tidak kecewa. Survey ruang party, mencicipi makanan, serta, touring ke kamar hotel adalah yang patut anda lakukan bersama pasangan.


http:w3.weddingku.com


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }