Membeli Souvenir di Bali

Diposting oleh malamjumat on Aug 18, 2009


Mungkin bagi anda yang sudah berkali-kali mengunjungi kota wisata Bali yang sudah tersohor di belahan dunia. Ttentu tidak asing lagi dengan berbagai souvenir yang dihasilkan oleh perajin-perajin di kota Bali.

Berbagai aneka ragam
souvenir ditawarkan kepada anda, di hampir semua kawasan wisata yang ada di Bali. Selain beragam, bentuknya yang unik dan kualitas yang bagus membuat orang menjadi susah untuk melewatkan begitu saja barang-barang yang ditawarkan oleh para pedagang yang jumlahnya mencapai puluhan bahkan ratusan di masing-masing tempat wisata.


Tapi tunggu dulu, anda jangan terburu-buru memilih dan membeli karena kalau anda terburu-buru, bisa jadi anda akan menyesal nantinya ketika tahu bahwa harga barang yang sudah terlanjur anda beli ternyata sesungguhnya tidaklah harus semahal anda membelinya.


Untuk itu, ada baiknya anda perhatikan tips membeli
aneka souvenir berikut ini:


1. Bila anda baru pertama kali berkunjung ke kota Bali, dan anda ditawarkan
aneka souvenir oleh pedagang anda boleh mencoba-coba bertanya harga dulu tetapi ingat JANGAN TERBURU-BURU UNTUK MEMBELINYA DULU.


2. Tawarlah, berapapun harga yang diberikan oleh pedagang yang menawarkan barang sampai paling tidak 1/3 harga. Katakan anda ditawarkan barang senilai 30rb, tawar di angka 10rb. Bahkan kalau di tempat seperti Pasar Ubud. Anda harus lebih hati-hati, dan anda bisa coba tawar sampai 1/4 dari harga yang ditawarkan oleh pedagang. Dapatkan
souvenir murah.


3. Khususnya untuk di Pasar Ubud, karena daerah ini memang begitu banyak turis asing dari Jepang, Australia, Eropa yang mengunjunginya, dan walaupun variasi souvenirnya sangat banyak, sebaiknya anda jangan belanja disini, bukan apa-apa, karena penjualnya akan JUAL MAHAL. Sangat susah mendapatkan
souvenir murah di sini.


4. Di alas kedaton, tempat semacam monkey forest dan sangeh itu. Anda juga harus hati-hati di lokasi wisata ini, setiap tamu yang berkunjung otomatis akan didampingi oleh seorang pemandu lokal untuk mengitari lokasi wisata tersebut. Di ujung cerita, sebagai tamu kita diwajibkan melihat-lihat dulu, toko tempat
jual souvenir yang dijaga oleh pemandu tersebut. Biasanya orang menjadi tidak enak hati untuk tidak membelinya. JANGAN MEMBELI DISITU karena harga yang ditawarkan berkali-kali lipat dari harga seharusnya. Kalaupun terpaksa anda harus membelinya. Cukuplah beli 1, yang paling murah, atau kalau anda tidak membeli apapun, BERILAH TIP KE PEMANDU TERSEBUT, sebagai tanda terima kasih, dengan jumlah sewajarnya.


5. Kalau anda tipe orang yang tidak suka tawar menawar dan tidak pandai menawar. Jangan khawatir, anda bisa mampir di sentral toko tempat
jual souvenir yang ada di Kota Denpasar, namanya toko Erlangga, bukan promosiloh, tapi aneka souvenir yang tersedia di toko tersebut cukup banyak dan harga sangat ekonomis tanpa pakai tawar menawar, contohnya kasus beli pensil diatas, ternyata di toko souvenir erlangga cuma seharga 7500 rupiah saja.


Demikian tips-tips untuk berbelanja souvenir di kota Bali, mudah-mudahan bisa membantu anda semua dalam memburu
souvenir unik dan tentunya harga murah.


http://wisatara.wordpress.com


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Anonymous said...

barang bali rata rata juga dari jawa