Kulit Sehat dengan Cream Malam

Diposting oleh malamjumat on Aug 21, 2009


Tahukah Anda saat tidur pada malam hari kulit tubuh kita justru sedang giat-giatnya bekerja. Karena itu, sediakan "bekal" yang cukup agar kulit bisa bekerja dengan baik.

Proses peremajaan kulit idealnya memang terjadi pada malam hari. Walau proses regenerasi ini berlangsung alami, kita bisa ikut membantu dengan menambah persediaan makanan untuk kulit. Jika persediaan nutrisi cukup, proses perbaikan sel kulit yang rusak pun makin berjalan lancar. Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan rutin mengoles
skin cream massage malam (night cream) pada wajah, leher, dan bagian-bagian tubuh yang perlu.


Beauty cream
malam adalah pelembab kulit tanpa kandungan tabir surya. Sementara itu, day cream massage umumnya diberi tambahan pelindung antiultra violet sehingga memang untuk pemakaian pada siang hari. Walau formula keduanya hampir sama, cream malam memiliki kandungan nutrisi lebih banyak karena ditambah vitamin A, C, E, dan formula antipenuaan (anti aging) di dalamnya. Jadi, teksturnya pun cenderung lebih kental, bahkan menyerupai pasta.


Namun, kandungan utama di setiap
beauty cream malam adalah natural moisturizer. Pelembab alami inilah yang berfungsi mengatur kadar air dalam lapisan kulit kita yang terluar atau disebut dengan stratum comeum. Pelembab ini tak hanya mendistribusikan air, tetapi juga sifat humectant-nya mampu menghindari dehidrasi kulit. Karena fungsinya yang mengikat air, ia bisa meminimalkan penguapan dan menjamin ketersediaan air yang cukup.


Jadi, untuk Anda yang berjenis kulit kering, penggunaan
cream massage malam memang sangat dianjurkan. Anda yang banyak menghabiskan waktu di bawah matahari, berada dalam ruang ber-AC, atau sering membersihkan kulit dengan sabun atau scrub, sebaiknya memang mulai membiasakan diri mengoleskan cream malam sebelum tidur. Jangan lupa, pilihlah skin cream malam yang juga mengandung bahan emollient. Sejenis lemak kulit yang mampu melapis kulit sehingga tampak lebih halus, lembut, dan elastis.


Tips
1. Hindari tidur lewat tengah malam. Begadang menyebabkan kulit kehilangan kesempatan meregenerasi dengan baik.

2. Hormon melatonin yang bertugas memperbaiki sel kulit yang rusak bekerja maksimal pada pukul 24.00-04.00. Jadi, pastikan Anda sudah benar-benar terlelap saat itu.


3. Untuk hasil maksimal, oleskan
skin cream malam segera saat kulit masih dalam keadaan lembab. Misal, setelah dibersihkan dengan pembersih atau toner.


4. Anda yang memiliki kulit berminyak bahkan cenderung berjerawat sebaiknya tidak menggunakan cream malam.
Beauty cream massage malam justru menyebabkan penyumbatan pori-pori. Gunakan gel, serum, atau formula oil free sebagai pengganti suplai nutrisi kulit.


5. Agar
beauty cream massage malam tak menempel di bantal, sebelum mengoleskan cream, gosok-gosokkan kedua tangan terlebih dulu hingga terasa hangat. Panas yang dihasilkan akan memudahkan skin cream massage mencair dan mudah diserap kulit. Jadi, kemungkinan tertinggal di bantal pun lebih sedikit.


kompas.com


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }