Jamur dan Restoran Mushroom di Bali

Diposting oleh Wike Furyandi on Aug 4, 2009



Bila Anda seorang vegetarian, Mr. Mushroom Resto & Farm tampaknya layak dikunjungi. Restoran bersuasana alam di Pulau Dewata ini menyajikan aneka jenis menu Mushroom Food yang serba jamur. Semua menunya berbahan utama jamur, tanpa daging atau ikan.

Ambil contoh masakan ala Barat, seperti, steik, burger, sandwich, piza, atau spageti. Semuanya berbahan utama jamur. Begitu pula makanan Indonesia, seperti sate dan pepes, terbuat dari jamur.

Mr. Mushroom Food Restaurant terletak di Jalan By Pass Canggu-Tanah Lot, jalan menuju kawasan wisata Pantai Canggu dan Tanah Lot. Ya, kira-kira 45 menit berkendaraan dari pusat Kota Denpasar, Bali. Sepanjang perjalanan menuju restoran tersebut, kita akan disuguhi panorama alam dan sawah terasering dengan hawa yang cukup sejuk.

Menurut pemilik dan pengelola restoran Mushroom Food ini, Siany, Indri, dan Irma, ide pembangunan Mr. Mushroom Restaurant berawal dari keinginan mereka menerapkan pola hidup sehat. Caranya, menyantap makanan sehat yang dimasak dengan cara sehat. "Sudah saatnya orang memakan makanan nabati dan organik, bukan melulu makanan dari daging," katanya.

Jamur yang menjadi bahan masakan di Food Restaurant yang mulai beroperasi pada 26 Juni 2009 itu terbilang masih segar. Soalnya, jamur ini diambil langsung dari kebunnya. Jamur tiram, misalnya, dipetik setiap hari sebelum pukul 11.00, lalu diberikan kepada koki untuk diolah.

Deniz menyatakan, selain sebagai tempat berwisata kuliner, Mr. Mushroom Restaurant bisa menjadi tempat edukasi. Di sana para pengunjung diperkenalkan dengan budidaya jamur. "Jadi, selain menikmati menu serba jamur, pengunjung (terutama anak-anak) juga mendapat pengetahuan lebih banyak mengenai jamur dan cara penanamannya."

Jamur tiram misalnya. Menurut Deniz, jamur (Fried Mushroom) = tersebut dirawat secara alami, tak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. "Jamur didiamkan dalam ruangan dengan suhu sekitar 20 derajat Celsius."

Menurut Deniz, jenis jamur yang digunakan di restoran Mr. Mushroom aman dikonsumsi. Tak ada jamur yang memabukkan atau beracun karena pihaknya hanya menggunakan jamur (Fried Mushroom) tertentu.

Hingga kini baru terdapat sembilan jenis jamur: shitake, tiram, enoki, Portobello, merang, champignon, kuping, es, dan lingzhi. Yang disebut terakhir khusus diimpor dari Cina.

tempointeraktif.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonymous said...

JAMUR SURYA BALI " jual bibit Jamur Tiram Florida... perbaglog Rp
2500,- Alamat kami : Desa Pemaron Singaraja- BALI.. Menerima Pelatihan
Budidaya Jamur...
HP 081337761919 - 087762521119