Faktor Memilih Cargo Logistic

Diposting oleh Wikey on Aug 27, 2009


Ketika kita membutuhkan jasa Cargo Logistic Services, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Padahal sebenarnya itu semua adalah simpel, apabila kita mengetahuinya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa Cargo Logistic.

1. Ketepatan dan ketepatan Waktu Hantaran
Ketepatan waktu hantaran adalah salah satu yang paling krusial dalam memilih jasa Domestic Cargo. Ketepatan waktu sangat dipengaruhi oleh moda transporternya.

2. Garansi
Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo Logistic Company berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

Garansi barang rusak atau hilang perlu juga dipertanyakan ke Cargo Company. Hal ini cukup krusial. Karena biasanya customer service memberikan janji yang muluk. Akan tetapi, ketika terjadi kehilangan atau kerusakan barang, biasanya saling menyalahkan dan pelanggan selalu ada pada pihak yang lemah.

3. Service
Door to door, adalah jenis layana cargo Logistic Services dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal.

Port to Door, adalah jenis layanan cargo Logistic Company dimana pelanggan mengantar sendiri barang ke gudang atau kantor penyedia jasa. Dari gudang itu, barang diteruskan ke kota tujuan dan di delivery ke alamat yang dimaksud. Service Domestic Cargo ini agak sedikit memberatkan pelanggan, namun service ini biasanya memiliki tariff lebih murah.

4. Spesialisasi
Spesialisasi juga merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa Cargo Logistic. Ada beberapa perusahaan Cargo Company yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transporter tertentu. Misalnya khusus angkutan darat, khusus via kereta parcel, khusus kereta ekspres ataupun khusus via udara.

5. Harga
Biasanya harga adalah factor penentu dari kelima factor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik. Sementara itu, kalau ingin melakukan evisiensi, maka cargo via darat dan kereta adalah jawabannya.

csmcargo.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }