Belanja Pakaian Import di Pasar RB Maumere

Diposting oleh malamjumat on Aug 18, 2009


Tak ada salahnya ketika anda berkunjung di kota Maumere anda sejenak menyediakan waktu barang sebentar untuk berburu pakaian import bekas bahkan grosir fashion import dengan kualitas nomor satu.Pasar tersebut berada tepat di tengah kota atau berlokasi dalam kompleks Pasar Maumere (Pasar Baru) yang berada di sekitar kawasan pertokoan. Jangan kaget jika anda di sana bisa menemukan fashion import yang bagus-bagus dengan harga yang terbilang murah meriah.

Masyarakat Maumere sebagai Pasar RB atau kerennya mereka bilang TP alias Tedang Plaza. Bagusnya berbelanja di hari Minggu.


Kenapa harus hari minggu?Ya,selain karena hari minggu adalah hari libur, ternyata hari minggu merupakan hari bongkar
fashion.Loh kok? Bongkar pakaian maksudnya adalah pakaian-pakaian yang baru saja di ambil penjual dalam bentuk bal-bal pakaian dan langsung di jual.Nah, karena baru di bongkar makanya para hunter pakaian bekas yang sudah tahu jadwal rutin ini akan membludak karena jika besoknya baru datang biasanya banyak pakaian bagus sudah habis di embat yang lain hehehehe...


Para penjual pakaian
fashion ini dulunya di kuasai oleh salah satu etnis di Kabupaten Sikka yakni etnis Bajo (kebanyakan berasal dari pulau Pamana,sebuah pulau kecil depan kota Maumere atau dari Kampung Beru di kota Maumere) yang terkenal dengan jiwa dagangnya.Tapi sekarang mungkin melihat peluang untung berdagang pakaian fashion import yang lumayan maka tidak hanya etnis Bajo saja yang menjadi pedagang malah sudah bercampur dengan beberapa etnis lainnya seperti Sabu,Kupang,Jawa,Flores,Makasar dan lain-lain.Para pedagang yang jual fashion import ini (khususnya dari etnis Bajo) sudah sejak tahun 80-an telah berdagang pakaian bekas.Dulunya tidak dalam satu lokasi seperti di Pasar RB ini tapi mereka berjualan di rumah-rumah mereka dan para pembeli yang datang langsung ke rumahnya.


Nah,akhirnya Pemda Kabupaten Sikka membantu mereka dan menyediakan lokasi buat berjualan.Pasar RB pertama terletak di lokasi pertokoan yang berada di kawasan bagian utara atau tepatnya berada dibelakang toko Kuda Mas Maumere.Kemudian berpindah ke lokasi Kopeta ( Koordinator Pemerintah Kota ) saat itu,semacam sebuah pemerintahan kecamatan yang membawahi beberapa kelurahan di kota Maumere.Dari kawasan Kopeta kemudian berpindah ke beberapa kawasan lain yang akhirnya kini menetap di lokasi kompleks Pasar Maumere (Pasar Baru) sejak tahun 2000.


Kok jadi cerita sejarah? Pasarnya betul-betul ramai.Dari berbagai etnis dan berbagai kalangan status sosial hadir berburu pakaian, misalnya
grosir fashion import. Selain pakaian dijual pula sepatu,sandal,tas (tas laptop,sekolah,ransel,tas buat ibu-ibu,tas buat nona-nona,tas buat anak-anak,dll),seprei,mainan anak-anak,tirai,dan lain-lain.


Kalau anda pandai menawar anda dipastikan mendapatkan apa yang anda cari dengan harga yang murah. Ada celana jean's bermerek Levi's 505 dengan harga cuma Rp.15 ribu tapi masih nampak baru dan masih bagus banget.Sebuah kaos dengan merek terkenal lainnya yang kelihatan masih baru juga dia beli dengan seharga Rp.10 ribu...!!Nah,ada lagi yang baru dibelinya,sebuah sepatu Adidas yang lumayan mentereng dibeli cuman seharga Rp.20.000...busyeettt!!Dan masih banyak lagi.


Menurut beberapa pedagang,kalau hari-hari lain selain hari minggu biasanya ada beberapa pedagang yang meninggalkan Pasar RB dan berdagang ditempat lain di luar kota Maumere atau ke kabupaten lain di Flores yang biasa mereka sebut 'pasar jalan'.Tapi kalau anda ingin berburu pakaian bekas selain hari minggu juga tak ada salahnya soalnya banyak juga
grosir fashion import lain yang kadang luput dari perhatian para hunter dan tentu saja dengan harga yang lebih miring.Pasar RB Maumere memang sudah terkenal di pulau Flores dan terbesar dari yang lain dengan pakaian berkualitas bagus yang di jajakan.


www.inimaumere.com


Dukung kampanye stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }