Ancaman Kesehatan di Fitness Center

Diposting oleh malamjumat on Aug 25, 2009


Ingin tubuh lebih oke? Banyak cara bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih berisi, berotot, dan tetap ramping. Salah satunya lewat olah badan atau body building di pusat kebugaran. Namun, hati-hati terhadap kemungkinan overtraining atau penggunaan suplemen pemacu tenaga atau pembesar otot secara asal-asalan. Alat fitness / peralatan fitnes di pusat kebugaran lengkap, mungkin ini bisa terlalu dimanfaatkan, akhirnya terjadi overtraining.

Melatih fisik, bila dilakukan secara teratur dan terukur, memang akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Keuntungan selanjutnya, penampilan pun jadi lebih menarik.


Soal memperbaiki penampilan inilah yang tampaknya membuat banyak orang, terutama kalangan muda, jadi keranjingan berolahraga. Apalagi, saat ini tak sedikit yang mengartikan sehat sebagai kondisi perut langsing (six pack) dan lengan berotot. Dengan
peralatan fitnes lengkap diharapkan hasil maksimal.


Kecenderungan itu pun ditangkap oleh berbagai pusat kebugaran (
fitness center). Mereka menawarkan paket latihan dengan rupa-rupa alat fitness, dan tentu hasil yang maksimal. Sebagai tambahan, juga ada suplemen untuk membantu membentuk otot-otot tubuh.


Kini olah kebugaran (banyak orang menyebutnya
fitness) memang sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya pada masyarakat kota besar, tetapi sudah merambah ke pinggiran kota, meski tempatnya tidak selalu nyaman. Yang penting, di situ terdapat bermacam-macam alat untuk melatih otot tubuh.


Orang muda, baik pelajar, mahasiswa, maupun eksekutif, tertarik menjadi anggota klub kebugaran dengan berbagai keperluan. Ada yang ingin mengencangkan atau membentuk otot, merampingkan badan, atau menjaga kebugaran. Agar terkesan gaul dan keren juga menjadi salah satu alasan mereka bergabung di sebuah klub.


Fitnes
center memang menawarkan trainer (pelatih) untuk membantu membuat program latihan sesuai kebutuhan konsumen.


Fitnes
juga berguna untuk para wanita yang ingin membentuk tubuh ideal, terutama setelah melahirkan dan tentu saja agar terlihat awet muda. Manfaat lain dari fitnes dan weight training pada wanita juga dapat mencegah penuaan dini dan osteoporosis (keropos tulang).


www.kompas.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }