Anak Anjing

Diposting oleh Unknown on Aug 12, 2009




Bagi para pemilik hewan kesayangan anjing atau kucing yang peduli terhadap kesehatan hewannya maka alangkah baiknya jika memiliki pengetahuan dasar mengenai kesehatan hewan tersebut, cobalah minum
obat hewan. Hal tersebut dapat didapat dengan melakukan pemeriksaan dasar/umum terhadap hewan kesayangan, yang akan semakin trampil dan cepat dalam prakteknya bila sering dilaksanakan.

Berikut ini adalah panduan pemeriksaan dasar yang perlu dilakukan terhadap hewan kesayangan. Bila sudah terbiasa melakukan maka pemeriksaan tersebut dapat dilakukan dalam beberapa menit saja sebanyak minimal satu kali seminggu atau konsumsilah
obat hewan.
Bagian tubuh hewan kesayangan yang perlu diamati dan diperiksa adalah sebagai berikut:
  1. Mulut: apakah ada kemerahan, pembengkakan, kepucatan pada warna gusi, gigi yang tanggal/goyang, luka-luka pada mulut, dan pernafasan yang berbau.
  2. Mata: apakah ada kotoran mata yang berlebihan, kekeruhan pada warna mata, pembengkakan bola mata, dan perdarahan pada mata cek di toko obat hewan.
  3. Hidung: apakah ada cairan berlebihan yang keluar dari lubang hidung, bagaimana warna cairan tersebut, apakah bening, keruh, atau kemerahan.
  4. Kulit: apakah ada parasit/kutu, bagaimana warna kulit, ada tidaknya luka-luka dan kerak-kerak.
  5. Kaki: apakah ada luka-luka, abrasi pada telapak kaki, kuku yang patah.
  6. Anus: apakah ada kemerahan, pembengkakan,sisa kotoran.
  7. Vulva/penis: adanya pengeluaran sekresi/discharge abnormal.
  8. Glandula mammae dan testis: adanya perlukaan dan pembengkakan.
Semua hal-hal yang diuraikan diatas bersifat umum dan merupakan pengerahuan dasar untuk menilai kesehatan hewan atau ada baiknya anda ke toko obat hewan. Dengan mengasah pengetahuan dan ketrampilan dalam pengamatan dan pemeriksaan maka pemilik hewan dapat mengambil tindakan preventif dan lebih awal jika hewannnya menunjukkan gejala sakit. Selanjutnya dapat menentukan apakah hewan tersebut membutuhkan bantuan professional seperti di toko obat hewan. Marilah kita menyayangi hewan peliharaan kita seperti anggota keluarga sendiri. Mudah-mudahan tips singkat ini dapat bermanfaat bagi para penyayang hewan peliharaan.

Drh.yuliani putri dewi

Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }