Ventilasi Udara yang Nyaman

Diposting oleh malamjumat on Jul 27, 2009



Ventilasi udara (air ventilation) adalah pergerakan udara di dalam rumah dan antara ruang dalam dengan ruang luar. Kontrol terhadap air ventilation pada desain rumah adalah hal penting saat melakukan proses desain rumah. Bagaimana cara mendesain home ventilation udara agar nyaman, menghilangkan hawa panas dan membuat penghuni betah.

Memang ada cara mudah untuk membuat nyaman rumah daerah tropis. Ada juga sekarang
home ventilation products untuk sirkulasi udara yang teratur. Ada juga yang megatur ventilation system agar pertukaran udara lebih teratur. Penggunaan Air Conditioning atau kipas angin di langit-langit. Solusi tercepat dan termudah, namun merupakan jalan keluar yang membutuhkan biaya listrik dan perawatan bulanan - belum termasuk masalah lingkungan, global warming.


Menggunakan Alam


Jadi bagaimana mendesain aliran udara non-mekanik, tanpa menggunakan kipas angin. Sebenarnya angin dapat dengan mudah diatur melalui perbedaan tekanan. Tekanan positif ada pada bidang yang menerima angin, atau dimana udara memberi tekanan pada bidang. Tekanan negatif ada pada bidang dimana angin meninggalkan rumah, atau pada bidang dimana udara keluar. Bedakan istilah angin dan pertukaran udara. Angin dapat berupa topan, tornado, angin laut - sedangkan pertukaran udara pada rumah adalah bagaimana angin sepoi-sepoi membuang udara panas keluar rumah.


Ada trik sederhana untuk mengatur aliran angin, dengan gradasi tekanan.


Caranya adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan perbedaan tekanan pada sisi luar rumah.2. Menggunakan perbedaan tekanan yang disebabkan oleh variasi tekanan dalam rumah.

Untuk desain rumah kota mungkin sulit. Kerapatan bangunan hanya menyisakan sisi depan dan belakang rumah. Sedangkan sisi kiri dan kanan terhalang oleh rumah tetangga. Alternatif desain pergerakan angin menjadi terbatas. Oleh karena itu bebaskan bagian depan dan belakang rumah untuk membuat ruang terbuka. Kesulitan desain rumah Jakarta atau kota besar lainnya adalah membangun rumah pada seluruh luasan tanah, bila perlu tanpa melihat garis sempadan bangunan. Jadi bersyukurlah bila tinggal di kota kecil, tanah masih luas dan terjangkau.


Solusi rumah kota adalah sebagai berikut:

1. Desain rumah dengan bukaan.


2. Meletakkan dinding tanaman di bidang bertekanan udara positif. Kelembaban tanaman terbawa oleh angin sehingga mendinginkan udara.


3. AC alami, mengarahkan aliran angin untuk melewati tanaman dan kolam membuat udara menjadi lebih dingin.


4. Overstek atap lebar, bagian dari atap di sisi luar bangunan. Beritahukan hal ini kepada arsitek saat mereka membuat desain.


5. Teras rumah yang tidak memantulkan sinar matahari, lebih baik bila halamannya berumput.


6. Pohon menaungi dinding rumah.


Pertimbangan desain
home ventilation udara ini membuat perbedaan kenyamanan saat ditinggali. Ingat melakukan kegiatan desain hanya sekali, tetapi menempati bangunan untuk selamanya.


http://c.sutanto.or.id


Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar... read them below or add one }