Model Jok Kulit

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Jul 24, 2009




Jenis pemasangan

Apabila anda melihat interior rumah yang mewah dan nyaman mungkin terbesit di pikiran anda bisakah sofa yang mahal ditaruh di dalam mobil, jawabnya bisa. Sofa mahal yang di tawarkan di toko furnitur saat ini dapat anda aplikasikan kedalam mobil anda.
Saat ini anda dapat membuat berbagai model jok kulit yang anda inginkan pada jok mobil anda. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan sejak lama, tetapi karena trend yang selalu berubah maka jok kulit mengalami perubahan trend. Semua jenis dan model ini dapat diaplikasikan dengan semua jenis bahan untuk jok, terutama bahan kulit atau semi kulit (sintetik).

Teknik penjahitan jok (single or double stitch)

Sebelum anda mengenal lebih lanjut sebaiknya anda mengenal teknik jahitan yang biasa di terapkan pada jok mobil. Teknik penjahitan dalam pembuatan jok kulit ada 2 yaitu single stitch dan double stitch. Single stitch berarti jahitannya hanya satu baris sedangkan double stitch jahitannya ada dua baris.Jahitan double stitch lebih kuat, terlihat lebih rapih dan mewah. Pejahitan double stitch yang benar dilakukan dengan menggunakan mesin jahit pada jok service dan bengkel jok yang bermata 2, jadi jalur jahitan terlihat harmonis dan jalan bersamaan pada seluruh area. Tetapi ada juga penjahit (yang tidak memiliki mesin jahit bermata dua) yang mengakali double stitch dengan cara menjahit dua kali jalan. Memang jumlah jahitan jok service dan bengkel jok menjadi dua buah tetapi hasil pengerjaan tidak akan memuaskan karena bagaimanapun juga jarak antara jahitan pertama dengan kedua tidak merata (kadang rapat kadang renggang) sehingga malah terlihat berantakan.

Ada
dua alternative pemasangan jok kulit di bengkel jok kulit: sarung dg tali2/ kancing/ zipper dan cover jok paten.


Cover jok paten
C
over jok paten dipasang sesuai standard pabrikan spt halnya mobil2 premium yg telah dilengkapi oleh jok modifikasi . Cover jok paten tidak dijahit ke busa jok, tetapi memakai ring besi pada sandaran dudukan dan bawah jok modifikasi seperti halnya pemasangan cover jok original. Meskipun sudah di copot bisa dikembalikan seperti semula, hanya saja tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Cover jok paten memberikan estetika dan kenyamanan yg lebih dibandingkan dengan sarung jok tali2/kancing/retsleting.

Cover sarung jok kulit berbahan fabric itu tidak dijahit ke busa jok tetapi dipasang seperti layaknya sarung, hanya saja bukan pakai tali tapi pakai ring besi pada sandaran, dudukan dan bawah jok yg sudah tersedia mounting-mountingnya. Bila ring besi dicopot maka cover jok fabric (standard pabrik) dapat dengan mudah di copot.

Jok jenis sarung
sarung jok kulit ini memiliki pemakaian seperti sarung, jadi jok bawaan standard tidak diubah atau dimodifikasi sedikitpun. Kelebihannya, anda dapat membuka sarung jok ini untuk sekedar dibersihkan. Kekurangannya, sulit untuk mendapatkan estetika yg baik karena sarung jok tidak dapat ngepress body jok yg berjalan dg waktu pemakaian sarung jok akan semakin kendor dan kurang nyaman untuk diduduki, apa lagi dalam perjalanan jauh terutama bila kabin mobil panas.

Dukung kampanye
stop dreaming start action

http://www.situsotomotif.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }