Manfaat Wisata Untuk Kegiatan Konservasi

Diposting oleh karpetitem on Jul 10, 2009



Wisata alam, seperti wisata Bogor selain berpotensi bisnis besar dan menyumbang pemasukan bagi negara dalam bentuk Penerimaan negara Bukan Pajak (PNBP), alam wisata juga punya manfaat penting bagi kegiatan konservasi, seperti wisata alam Bogor. Manfaat itu yang dirasakan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (Babes KSDA Jabar).

Bicara peluang bisnis,
objek wisata alam di Jawa Barat memang sangat besar, seperti tempat wisata Bogor. Selain dekat dengan ibukota, potensi objek wisata alam di kawasan ini juga kaya, seperti objek wisata Bogor. Tapi itu belum seberapa. Yang menarik, bisnis objek pariwisata alam Bogor ini secara tidak langsung ikut menyokong upaya-upaya pelestarian tempat wisata alam itu sendiri, seperti pariwisata Bogor.

Secara ekonomi, pengelolaan
tempat wisata alam memang memberi pemasukan bagi daerah maupun nasional serta membantu menciptakan lapangan kerja. Namun, yang lebih penting lagi, keberadaan sebuah kawasan tempat pariwisata alam juga membantu merawat alam wisata dan menjaga kepentingan kawasan konservasi wisata alam. Ketika wisatawan objek wisata alam tertarik berkunjung ke kawasan pelestarian objek wisata alam, Taman Wisata Alam (TWA) misalnya, kehadiran mereka akan membentuk pondasi konservasi objek pariwisata yang kokoh di masa yang akan datang.

Meski naik-turun, namun bisnis
tempat wisata alam tetap menarik. Dengan populernya jargon kembali ke alam atau back to nature, bisnis tempat wisata alam tetap seksi dan menguntungkan. Apalagi, masing-masing tempat pariwisata punya daya tarik sendiri. Persoalannya tinggal bagaimana mengemas sebuah TWA wisata Bogor menjadi daerah tujuan yang menarik dan penting untuk dikunjungi.

Unu sendiri mengungkapkan, peluang mengelola bisnis
wisata alam Bogor masih terbuka lebar, terutama di zona pemanfaatan tempat wisata Bogor. Prinsip yang diminta pemerintah terhadap investor juga sederhana. Usaha objek wisata Bogor yang dijalankan harus sesuai azas konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dan ditujukan untuk peningkatan keunikan dan keindahan alam Bogor yang terdapat dalam zona pariwisata Bogor tersebut.

http://agroindonesia.co.id/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }