Lantai Lapangan Sepak Bola

Diposting oleh karpetitem on Jul 2, 2009



Permainan futsal mulai digandrungi di tanah air sekitar 2003 silam. Sejatinya, futsal tak jauh beda dengan sepakbola. Kelebihan lapangan futsal karena konsep indoor, sehingga permainan bisa dilakukan sepanjang waktu. Memasuki 2007 permainan futsal semakin booming, tak heran kian marak pula penyewaan lapangan futsal oleh kontraktor lapangan futsal. Sehingga, bisnis rumput sintetis sebagai bahan untuk lantai lapangan futsal pun bermunculan.

Salah satu pemain di rumput sintetis futsal adalah PT Graha Mandiri sejak 2004. Manajer Pemasaran Graha Mandiri Guntur Wahyudi bilang meski sudah mulai booming sekitar 2 tahun lalu, tapi permintaan pemasangan rumput futsal oleh kontraktor lapangan masih terus mengalir. "Pasar kontraktor futsal belum turun, bahkan ada kenaikan sekitar 20% dibanding tahun lalu," sebutnya.
Setidaknya dia bilang kontraktor lapangan futsal menerima sekitar 10-13 permintaan pemasangan rumput sintetis untuk lapangan futsal dalam sebulan. Permintaan kepada kontraktor lapangan tak saja dari wilayah Jawa, tapi juga dari Pekanbaru, Palembang, hingga Kalimantan.

Guntur
, kontraktor futsal mendatangkan rumput futsal sintetis dari China yang terdiri dari dua jenis yaitu fibrilated dan monofilamen. Menurutnya, rumput sintetis futsal produksi China berkualitas paling bagus. Satu rol rumput minimal berukuran 4x32 meter atau 128 meter persegi. Namun, Guntur tak bersedia membeberkan harga beli rumput asal China itu. Tapi, dia mengaku biasanya melego rumput sintesis seharga Rp 165 ribu (fibrilated) hingga Rp 175 ribu (monofilamen) per meter perseginya. Harga rumput sintesis biasanya mengikuti naik turun dollar. Belum termasuk bahan lain dan aksesoris untuk pemasangan rumput seperti pasir, lem, dan karet, serta jasa pemasangan Rp 20 ribu per meter persegi. Dari pemasangan rumput sintesis Guntur menyebut dalam sebulan bisa meraup omset Rp 1 miliar - Rp 1,3 miliar. Sekitar 20% dikantongi sebagai keuntungan.

Soal peluang bisnis ini, dia menyebut dalam beberapa tahun ke depan masih bagus. Orang akan cenderung mencari lapangan indoor untuk bermain bola, sebab ke depan akan makin sulit menemukan lapangan terbuka.
Masih menariknya bisnis rumput sintesis juga diakui Abdul Aziz yang juga bermain di bisnis rumput sintesis sejka 2006. Dia bilang permintaan rumput masih bagus dan cenderung stabil. "Rata-rata 1 sampai 2 permintaan untuk lapangan futsal dalam sebulan," sebutnya.

Abdul memasok rumput sintesis dari China dan Turki. Dia mengaku permintaan datang dari seluruh Indonesia.
Dia masih optimis permintaan rumput beberapa tahun ke depan masih bakal bagus. Sebab, menurutnya lama pemakaian rumput yang disarankan hanya 5 tahun, sehingga untuk kenyamanan orang pasti akan mengganti dengan rumput baru. "Tapi sebagai antisipasi ke depan kita akan lakukan diferensiasi produk, lebih variatif model dan bahannya," pungkas Abdul.

http://www.kontan.co.id/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Rumput Sintetis - Rumput Futsal - Kontraktor Lapangan Futsal - Kontraktor Lapangan - Lapangan Futsal - Rumput Sintetis Futsal - Kontraktor Futsal di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }