Kerajinan Kayu

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Jul 2, 2009




Kerajinan khas kalimantan sangat unik dan kreatif. Ada diantaranya berupa patung, anyaman tas, dan kerajinan lain. Telisik demi telisik menurut keterangan warga setempat, kerajinan kayu dan barang kerajinan ini bersifat sekunder. Artinya pembuatannya merupakan pekerjaan sambilan dan membutuhkan waktu yang lama. Secara otomatis harga jualnya pun juga ikut mahal.

Bahan kerajinan kayu dan barang kerajinan yang diambil dari kerajinan tangan rakyat kalimantan ini berasal dari hutan adat. Pengambilannya tidak secara masal, namun sesuai kebutuhan adat. Dan hal inilah yang menjadi faktor pengaruh masih lestarinya hutan adat di kalimantan.

Lain halnya kerajinan kayu di ngawi

Bertepatan musim liburan di negara lain, sentra kerajinan kayu tradisional ikut kecipratan rejeki. Pusat-pusat kerajinan kayu jadi jujugan turis asing yang melintasi ngawi. Seperti di sentra penjualan kerajinan kayu di wilayah kedunggalar yang berada di sekitar monumen soeryo dan banjarejo sering menerima tamu dari mancanegara yang berminat akan kerajinan ini.

Mereka dengan antusias melihat dan bahkan sampai memotret berbagai macam bentuk kerajinan kayu yang dipajang di galeri. "rata-rata mereka turis yang berlibur di jogjakarta dan akan melanjutkan perjalanan ke bali. Guide yang sering memberi masukan pada mereka tentang kerajinan kayu ini,'' kata suyatno, penjaga salah satu galeri di sentra kerajinan ini.

Menurut yatno, rata-rata turis yang singgah di galeri membeli barang yang dipajang oleh sang pengrajin kerajinan dan pengrajin barang kerajinan. Meskipun yang dibeli perik-pernik kecil yang beratnya kurang dari lima kilogram. ''Harga tak masalah, tetapi karena perjalanan jauh sehingga tidak bisa bawa barang berat," kata yatno.

Bentuk pajangan yang unik dan lucu atau kerajinan tangan miniatur binatang adalah yang laris dibeli para turis ini. Rata-rata pengrajin kerajinan dan pengrajin barang kerajinan mematok harga yang berbeda untuk pelancong dari manca ini. "perbedaan harga antara 20 hingga 25 persen. Nanti guide mereka yang akan menawar," kata suyatno.

Minat turis pada barang kerajinan kayu jati dari ngawi membuat pedagang bersemangat. Apalagi menjelang lebaran para pedagang bisa mendapat penghasilan tambahan.

Temukan informasi lainnya mengenai kerajinan kayu - barang kerajinan - pengrajin kayu - kerajinan tangan - pengrajin kerajinan - pengrajin barang kerajinan pada 88db.com

Http://ngawikab.go.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }