Bisnis Limbah dari Plastik

Diposting oleh Si Jenggot on Jul 2, 2009



Dalam bisnis limbah biasanya terkandung tiga dimensi sekaligus yakni dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan.

Aktivitas bisnis dengan “komoditi” limbah bukan hal yang baru lagi. Namun seiring waktu, jenis kategori limbah yang bisa dibisniskan juga terus bertambah. Limbah Produk Plastik, misalnya, awalnya orang hanya tertarik menekuni bisnis limbah Produk Plastic non-film, seperti botol plastik bekas minumandan bekas ember (Pabrik Plastik).

Namun belakangan limbah Produk Plastik yang semula masuk kategori sampah (seperti bekas plastik kresek dan plastik tipis lainnya) sudah mulai dimanfaatkan dan diolah untuk menjadi bahan baku pembuatan plastik. Salah satu pengusaha yang menekuni bisnis Produk Plastic sampah ini adalah Herman Sutirto.

Seperti pada umumnya bisnis Industri Plastik limbah, pengolahan limbah sampah plastik milik Herman ini memiliki dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan. Dari sisi ekonomi bisnis ini jelas memiliki added value tinggi. Dari sisi soial, bisnis Industri Plastik ini bisa membuka lapangan kerja bagi para pemulung, penampung, bandar sampah plastik, maupun para pemasok yang berhubungan langsung dengan perusahaan daur ulang sampah (Pabrik Plastic). Dari sisi lingkungan, bisnis Industri Plastic ini bisa mengurangi bahkan memecahkan masalah penumpukan sampah plastik. Padahal jenis sampah ini tidak bisa diuraikan sehingga akan menjadi polutan yang berbahaya bagi tanah (Pabrik Plastic).

Dari gambaran di atas kita bisa melihat bahwa berbisnis limbah dari hari ke hari akan terus berkembang. Saat ini masih banyak sampah yang kelihatannya tak bernilai, bahkan menimbulkan permasalahan. Namun sejatinya, dengan kejelian sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan baik sebagai bahan baku sebuah industri maupun sebagai bahan baku barang-barang kerajinan (Pabrik Plastik).

Cobalah Anda lihat limbah di sekeliling lingkungan Anda. Barangkali salah satu di antaranya akan menjadi jalan untuk menghantarkan Anda menuju ke tangga kesuksesan seperti mereka-mereka yang telah menggeluti sampah sebagai pintu menggapai rejeki yang berlimpah ruah.

majalahpengusaha.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Pabrik Plastik - Plastic Factories - Pabrik Plastic - Industri Plastik - Produk Plastik - Industri Plastic - Produk Plastic dan Pabrik Plastik&Plastic Factories : Industri Plastik&Produk Plastik Tangerang di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }