Tips Musik: Rekaman Amatir

Diposting oleh malamjumat on Jun 19, 2009


# Matangkan dulu materi kamu. Penguasaan materi akan mempercepat proses rekaman. Jadi agak ngirit kan?

# Catat semua track yang akan direkam..


# Jangan lupa masukkan track gitar akustik Gitar akustik terbukti dapat memberi sentuhan manis kepada lagu kita.


# Jangan grogi! Pada awalnya masuk
studio recording itu rasanya agak aneh. Terutama buat para drummer. Soalnya dia harus duduk sendirian didalam studio dan selama tracking (perekaman) Cuma bisa mendengar suara metronome Sejago apapun drummer itu, kemampuannya baru akan diuji ketika ia masuk ke ruang rekaman.. Nah kalo buat gitaris, bassis, keyboardis, rekaman gak perlu dilakukan di dalam take room. Cukup di control room studio sudah cukup saja. Resikonya, pada waktu tracking kita akan dikelilingi oleh teman band kita. Yang sesekali juga mencela permainan kita dalam studio recording music.


# Untuk para gitaris, usahakan membawa lebih dari satu gitar dan efek. Gunanya adalah untuk membedakan karakter dan memperkaya sound. Usahakan bawa beberapa type gitar sebelum masuk
studio recording. Tapi biasanya satu gitar single coil plus satu humbucker sudah cukup.


# Sabar! Rekaman itu gak enaknya adalah kita harus ngedenger lagu yang sama diulang-ulang selama beberapa jam. BOSEN BANGET!


# KREATIF! Jangan terlalu terpancang dengan aransemen yang udah kita bikin seebelumnya. Coba aja improve dikit-dikit. Kadang dari improve ini muncul hal yang dahsyat.


# Kenalilah Sound Engineer (SE) anda. Kenal dengan SE itu penting karena selama proses
recording, kita akan selalu berhubungan dengan dia.


# Jaga Kondisi. Kalo kamu berencana nylesaiin proses
recording music dalam satu waktu sekaligus. Otomatis kita juga akan berkutat dengan proses ini selama beberapa jam nonstop. So, jaga kondisi penting supaya kita bisa terus fokus dan konsentrasi.


# Santai.. Buatlah proses
recording sebagai sesuatu yang tidak membebani. Dibawa fun aja! Kalo kamu stress pada waktu proses rekaman, bisa dipastikan hasil rekamannya gak bagus.


# Do’a. Nah, ini yang paling penting. Kita gak pernah tau apa yang akan terjadi.

http://gitaris-amatir.blogspot.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Studio Recording - Home Studio - Home Studio Recording - Studio Music - Recording Music - Studio Recording Music - Studio - Recording hanya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }