Tips Menata Furniture & Interior Ruangan Apartemen

Diposting oleh malamjumat on Jun 10, 2009



Bagi masyarakat kelas menengah perkotaan, memiliki tempat tinggal di apartemen sudah semakin menjadi pilihan favorit. Selain karena investasi, keinginan untuk memilki apartemen ini juga didorong karena faktor kemacetan yang makin menjengkelkan bagi warga yang tinggal di pinggiran kota. Namun tentunya Anda harus memahami karakteristik apartemen yang sedikit berbeda dibandingkan karakater rumah tinggal pada umumnya. Berikut ini adalah tips bagaimana manata furniture dan interior apartemen agar fungsional dan sekaligus memiliki citra estetik yang baik, terkait dengan keterbatasan luasan sebuah apartemen:

1. Inventarisasi Kebutuhan.
Inventarisasilah kebutuhan ruang apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya, ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang baca dan dapur. Karena luas apartemen memang terbatas, multifungsi adalah kuncinya. Contohnya, ruang baca dapat digabung dengan ruang makan atau sudut ruang tamu yang dijadikan ruang studi. Layout terbuka antara ruang yang satu dengan yang lain juga dapat dijadikan tips andalan. Ukuran furniture (mebel) juga harus proporsional dengan luas keseluruhan ruangan. Jika ruangan cenderung kecil, pilih mebel yang tidak terlalu besar.

2. Warna Interior.
Warna dan corak dinding juga menjadi kunci dalam menyiasati ruangan yang sempit. Pemilihan warna terang, baik untuk luasan apartmen yang kecil. Warna aksen dapat diterapkan pada satu bidang dinding supaya ruangan dapat lebih berkarakter dan variatif. Penggunaan cermin besar sebagai salah satu galery furniture juga dapat membantu membuat ruangan terkesan lebih luas. Semua ini ditunjang oleh pencahayaan yang baik, yang dapat berupa pencahayaan alami (natural lighting) seperti pencahayaan dari sinar matahari ataupun pencahayaan buatan (artificial lighting) seperti lampu meja, lampu gantung, standing lamp dan dowlight. Jangan sampai galery furniture Anda mengurangi cahaya yang masuk rumah.

3. Efektifitas Furniture.
Usahakan agar barang misalnya furniture antik yang dimiliki tidak banyak dan pilih yang benar-benar dibutuhkan. Karena luasan yang terbatas, tempat untuk penyimpanan pun menjadi tidak banyak. Cermatilah memilih benda interior. Hanya barang dengan nilai sentimental tinggi saja yang dapat disimpan. Salah satu siasat yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan tempat-tempat penyimpanan seperti ruangan di bawah tempat tidur. Siasat lain adalah membuat almari dengan ketinggian full dari lantai atau furniture antik anda ke plafon. Dengan pendekatan vertikal ini, maka penggunaan ruang akan jauh lebih maksimal.

4. Karakter Penghuni.
Karakter dan kebiasaan penghuni dapat mempengaruhi kerapian apartemen. Jika penghuni sangat konsumtif dan kurang rapi, maka akan sulit bagi sebuah desain interior untuk tampil maksimal. Selain itu ketika ke toko/tempat jual furniture sebenarnya bisa memperoleh pengetahuan mengenai hal ini.

Semoga bermanfaat!!!

http://tipsanda.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Furniture Antik - Jual Furniture - Galery Furniture - Furniture hanya di Furniture Antik: Jual Furniture Antik & Galery Furniture Antik Bogor Jawa Barat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }