Tips Bisnis Katering

Diposting oleh Unknown on Jun 2, 2009




Setelah langkah mengatasi beban mental, kini menyangkut masalah operasional. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha Jasa Catering, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan--syukur-syukur bila Anda pandai memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk menjadi pengusaha Catering Jakarta tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha Jasa Catering, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, Anda bisa melakukan prekrutan.

Persiapan lainnya adalah tersedianya sarana dan prasarana untuk usaha Catering Box & Catering Nasi. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi miliknya, tetapi bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa. Kalau harus menunggu sampai perlengkapan dimiliki dulu, sampai kapan harus memulai usaha Nasi Box, kecuali memang tersedia dana yang cukup untuk investasi ke bisnis katering untuk jangka panjang.

Setelah kelengkapan operasional dari Catering Box & Catering Nasi terpenuhi, maka perlu diperhitungkan kemungkinan penggunaan modal kerja. Jika Anda mampu membangun Catering Jakarta relasi luas, kebutuhan modal kerja bisa tidak terlalu menyerap dana secara keseluruhan. Kebutuhan pembelian bahan baku untuk Nasi Box misalnya, apabila sudah mempunyai langganan dan pemasok tetap, bisa diharapkan dapat dirundingkan cara-cara pembayaran secara mundur. Untuk menanggulangi pembelian tunai, bisa diharapkan dana dari uang muka pemesanan. Kekurangan peralatan bisa disewa dengan pembayaran di belakang, hanya cukup menyelesaikan uang mukanya saja. Untuk seterusnya, kekurangan dana yang tidak mungkin bisa diundurkan, bagaimanapun juga harus tetap disediakan. Untuk mengetahui kebutuhan dan kekurangan dana secara tepat, maka harus disusun aliran dana (cash flow) yang rapi dan rasional, bertolak pada harga pasar. Kekurangan dana yagn perlu disediakan itu, selain harus diupayakan dari modal sendiri, mungkin perlu menjual harta kekayaan lainnya atau mencari pinjaman ke bank. Namun untuk melakukan langkah-langkah yang beresiko tinggi, hendaknya harus hati-hati dalam perhitungan dan menanamkan sikap disiplin ketat dalam tiap membelanjakan keuangan perusahana yang masih mengandung kerawanan terhadap kerugian Catering.

Selanjutnya adalah masalah pemasaran Catering, yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Catering Nasi Box bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan Catering Nasi Box tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.

Temukan informasi mengenai Catering Box | Catering Nasi | Catering Nasi Box | Jasa Catering | Catering Jakarta | Nasi Box | Catering dan Catering Box : Catering Nasi Box & Jasa Catering Box Jakarta pada 88db.com


http://delijasaboga.blogspot.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Irwan said...

Berkunjung, mencari ilmu dan wawasan baru :-