Tempat Latihan Musik

Diposting oleh karpetitem on Jun 26, 2009


STUDIO-studio recording biasanya mempunyai spesialisasi musik tersendiri. Ada yang berfokus pada dangdut, campursari, pop, atau rock. Semua band dengan genre musik yang berbeda-beda bisa melakukan proses recording music di home studio tersebut. "Tapi biasanya grup band yang datang ke home studio recording sini alirannya pop atau rock," ujar Nur Hakim, pemilik Strato.

Munculnya
studio recording music di beberapa kota tersebut menarik untuk disimak. Menurut penelusuran Suara Merdeka, studio music yang ada sekarang ini dulunya merupakan tempat latihan biasa. Studio Strato sejak awal berdiri pada 1994, hanya sebagai tempat penyewaan studio recording untuk beberapa grup band yang ingin latihan. Menurut pria berjenggot ini, pada 1998 studio recording miliknya berubah fungsi menjadi home studio recording yang bisa membuat demo grup band dalam membuat lagu.

Sekarang Strato boleh dibilang sebagai salah satu
home studio yang cukup lengkap di Semarang. Tak hanya grup band asal Semarang saja yang memakai studio music tersebut untuk recording music. My Pupet Sally, grup band dari Yogya, melakukan proses awal dari rekaman, mixing, mastering, hingga editing di studio recording music tersbeut. Sementara itu grup band lainnya seperti Blue Savana, Radical Corp, De Facto yang sudah merilis album, mempercayakan proses rekaman di studio recording yang sama.

Studio Strato memiliki tiga ruang yang fungsinya berbeda-beda. Ada ruangan khusus untuk take vokal dan alat musik, ruangan mixing, matering, dan editing.
"Saya lebih senang menyebutnya sebagai home studio karena sengaja saya desain menjadi studio yang ada di dalam rumah," Hakim yang juga personel (basis) Blue Savana.

Peralatannya pun juga tak bisa dibilang sederhana. Meski tak sebesar studio rekaman di Jakarta, Strato juga mempunyai stadarisasi perusahaan yang bergerak di bidang rekaman musik.
Menurut Hakim, secara prinsip sebuah studio rekaman diharuskan mempunyai alat perekam, instrumen musik, dan komputer. Selain itu peralatan seperti multitrack, monitor, speaker, dan mixer mutlak harus dimiliki untuk proses mixing.

http://www.suaramerdeka.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Studio Recording - Home Studio - Home Studio Recording - Studio Music - Recording Music - Studio Recording Music - Studio - Recording di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }