Sekilas Tentang Kung Fu

Diposting oleh Wikey on Jun 4, 2009


Kung fu adalah ilmu bela diri dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata kung fu yang sebenarnya memiliki makna luas, yakni sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dan dengan ketekunan yang sungguh-sungguh. Sehingga seorang ahli memasak yang hebat pun dapat dikatakan memiliki kung-fu yang tinggi (Kung Fu Shaolin).

Selain kata kung fu, istilah wushu dan kun dao juga sering dipakai untuk menyebut ilmu bela diri (Kungfu Academy) dari Tiongkok. Sedangkan ilmu Kungfu (Kung Fu Schools) yang sudah menyebar ke Asia Tenggara (terutama Indonesia) di masa lalu disebut Kuntao, menurut Donn Draeger dalam buku beliau yang berjudul Weapons and Fighting Arts of Indonesia. Namun di masa kini, istilah Kuntao tersebut sudah sangat jarang dipergunakan. Lihat Shaolin Kung Fu dan Academy Kungfu.

Seperti ilmu bela diri lain pada umumnya, bela diri kung fu (Kungfu Shaolin) berkembang dari kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Baik untuk membela diri (Kungfu Fighting) dari serangan binatang buas, berburu untuk makan, maupun untuk berperang. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang obat-obatan dan tubuh manusia di Tiongkok serta perang saudara yang berkepanjangan dan sering, seni bela diri kung fu (Kung Fu Shaolin) pun berkembang pesat dan menyebar luas, sehingga membawa banyak kontribusi bagi berbagai macam bela diri di Asia. See Kungfu Schools dan Kung Fu Fighting.

Salah satu ilmu bela diri kung fu yang terkenal adalah dari Kuil Shaolin ata Shaolin Kungfu.

Seiring dengan kemajuan dan makin terbukanya negara Tiongkok, berbagai ilmu bela diri kung fu digabung dan distandarkan menjadi suatu bentuk olahraga yang dapat dipertandingkan, yakni wushu (Kungfu Schools).

Sumber: id.wikipedia.org

Temukan Info merarik mengenai Shaolin Kungfu - Kungfu Academy - Kung Fu Schools - Kungfu Fighting - Kungfu Shaolin - Kung Fu Shaolin - Kungfu Schools - Kung Fu Fighting - Shaolin Kung Fu - Academy Kungfu - Academy Kung Fu dan Naga Langit Shaolin Kungfu Academy : Kung Fu Schools & Kungfu Fighting - Kungfu Shaolin Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }