Papan Nama Proyek

Diposting oleh karpetitem on Jun 4, 2009



Sign board untuk proyek, pentingkah ? Sebuah pertanyaan sepele tetapi menggelitik yang perlu untuk direnungkan. Apalagi bagi yang senang menyoroti atau membahas masalah-masalah pembangunan infrastruktur fisik. Pembangunan Infrastruktur fisik dalam setiap tahun APBN menyerap porsi pendanaan yang termasuk terbesar selain anggaran gaji pegawai dan pendidikan. Tapi jika alokasi-alokasi di departemen lainnya yang juga selalu ada menyangkut pembangunan fisik ikut dihitung, maka anggaran yang diperuntukkan menjadi sangat-sangat besar.

Disinilah letak pentingnya sebuah
vintage sign art proyek untuk dibuat. Vintage sign bukan hanya sebagai komponen pelengkap, tetapi vintage art sudah menjelma menjadi identitas eksistensi proyek itu sendiri. Sign art bukan hanya sekedar “plank” , tetapi vintage board juga merupakan penjamin pertama apakah tranparansi anggaran dapat dilaksanakan ataukah tidak. Mengapa demikian ? Di era serba transparan dimana KKN diharamkan seperti sekarang, fungsi keterbukaan tersebut dimulai dari awal sampai akhir pembangunan. Dari awal yaitu proses pra lelang, pelelangan, pelaksanaan, pengawasan sampai akhir yaitu pemeliharaan sebuah proyek pembangunan.

Vintage
board bukan lagi sekedar kewajiban pelaksana proyek (kontraktor) untuk membuat vintage sign, tetapi vintage sign art sudah menjadi amanat kontrak kerja pelaksanaan yang sudah disetujui (dalam hal ini anggaran pembuatannya selalu dibuat dalam item khusus tersendiri). Vintage art sudah menjadi hak publik / masyarakat untuk mendapat informasi tentang bagaimana negara menggunakan uang rakyatnya.

Dalam
sign art akan tercantum : nama proyek, nomor kontrak proyek, asal anggaran yang dipakai (APBN/APBD/loan/hibah/Inpres dsb), besar anggran proyek, volume atau ukuran pekerjaan, lama pelaksanaan proyek, nama perusahaan pelaksana proyek dan nama perusahaan pengawas proyek. Hal-hal tersebut jika diselidiki cermat akan segera mengarah dari sisi mana penyimpangan-penyimpangan akan, sedang atau telah terjadi. Sebaliknya Jika diselidiki cermat juga vintage board merupakan alat bukti pembela kontraktor dari tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar.

Sayangnya kesadaran kontraktor ataupun pengawas dalam hal membuat atau mengingatkan untuk melaksanakan pembuatan
sign board ini masih rendah. Terutama untuk proyek dengan waktu pelaksanaan dan anggaran yang kecil, kecenderungan untuk tidak dibuatnya atau tidak menyegerakan pembuatan vintage board masih besar. Masih banyak yang menganggap bahwa hal pembuatan papan nama tersebut hanya masalah sepele dan tidak perlu. Mereka menganggap itu hanya proyek buang-buang waktu. Untuk itulah semoga para kontraktor pelaksana dan pengawasnya dalam satu proyek bisa memahami akan hal ini…. Papan nama, sepele tapi sangat-sangat perlu !!

http://korantarget.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Vintage Sign ~ Vintage Sign Art ~ Vintage Art ~ Sign Art ~ Vintage Board ~ Sign Board ~ Vintage ~ Board dan Vintage Sign : Vintage Sign Art – Vintage Sign Board Bekasi di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }