Mesin Kunci Sama Dengan Mesin Fotokopi

Diposting oleh karpetitem on Jun 10, 2009


Proses pembuatan kunci duplikat oleh tukang kunci termasuk mudah karena saat ini sudah ada mesin duplikat kunci yang sistem kerjanya hampir sama dengan mesin fotokopi. Kunci asli diletakkan di 1 dudukan dan bahan kunci batangan di dudukan yang lain. Begitu tombol ditekan, kikir akan bekerja secara otomatis mengikir batangan kunci polos dimana pada bagian tertentu dari kikir ini terhubung dengan dudukan tempat kunci pintu asli sehingga gerakan kikir mengikuti pola gerigi kunci asli.

Proses
buat kunci ini oleh tukang kunci hanya memakan waktu kurang lebih 1 menit. Sedangkan untuk proses buat kunci baru, misalnya kunci rumah asli hilang, proses duplikat kunci ini membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk mengetahui model gerigi di rumah kunci pintu dengan cara mengintip lubang kunci dan memasukkan serta mengerak-gerakkan batangan kuci polos sehingga tergores. Pada bagian yang tergores itu dilakukan pengikiran kunci duplikat.

Semakin tinggi pengalaman semakin mudah dalam memprediksi model gerigi. Untuk kunci kendaraan baik sepeda motor atau mobil, untuk mengetahui model gerigi dengan cara diraba menggunakan kawat yang sudah dibentuk dengan pola yang mengaambarkan ukuran panjang gerigi. Setelah diketahui model gerigi, maka dilakukan pengikiran.
Kualitas hasil produksi kunci, antar pengrajin satu dengan yang lain rata-rata sama. Hanya saja, dalam pembuatan kunci baru (bukan duplikat), pengalaman dan keahlian seorang tukang kunci menentukan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya dan kehalusan proses pengikiran.

Kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha ini yaitu dengan semakin banyaknya pengrajin kunci sehingga berpengaruh terhadap berkurangnya pendapatan yang diperoleh. Secara teknis proses pembuatan kunci, terutama pembuatan kunci baru, dengan adanya model kendaraan terbaru yang memiliki sistem kunci yang terbaru pula biasanya geriginya lebih banyak dan variatif. Sehingga ini menambah kerumitan dalam pengerjaannya. Demi efisiensi bahan agar tidak terjadi kekeliruan pembuatan model gerigi, maka sering dilakukan pembongkaran rumah kunci.

http://bisnisukm.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Tukang Kunci - Kunci Duplikat - Buat Kunci - Kunci Pintu - Duplikat Kunci dan Tukang Kunci Duplikat: Buat Kunci Duplikat Pintu & Kunci Duplikat Kendaraan Yogyakarta di 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

jual dan sewa mesin fotokopi dan KIP | wisnu said...

trims infonya bosss.. sukes selalu selalu sukses.