Mengenali Penampilan Jamur

Diposting oleh karpetitem on Jun 29, 2009


DARI segi gastronomik ataupun organoleptik (rasa, aroma, dan penampilan), mushroom food kuping kurang menarik bila dihidangkan sebagai bahan food di mushroom restaurant. Namun, jamur kuping di food restaurant sudah dikenal dekat sebagai bahan makanan fried mushroom yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun.

Lendir yang dihasilkan jamur kuping di
fried mushroom selama dimasak dapat menjadi pengental. Bahkan, lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol. Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping yang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari konsumen karena warnanya lebih muda, dan rasanya lebih gurih.

Jamur kuping di
mushroom restaurant yang tubuh buahnya melebar (mushroom food kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang disenangi karena harus diiris kecil-kecil bila akan dimasak. Jamur kuping di food restaurant selain untuk ramuan makanan fried mushroom juga untuk pengobatan. Untuk mengurangi panas dalam dan mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.

Kandungan nutrisi
fried mushroom kuping terdiri atas kadar air 89,1, protein 4,2, lemak 8,3, karbohidrat total 82,8, serat 19,8, abu 4,7, dan nilai energi 351. Jamur kuping dipanaskan, maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat seperti penangkar atau penonaktifan racun, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bahkan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun.

Kandungan senyawa dalam lendir
food jamur kuping efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 - 90 persen. Berfungsi juga untuk menghambat penggumpalan darah. Manfaat jamur kuping untuk pengobatan penyakit, satu diantaranya darah tinggi atau pembuluh darah mengeras akibat penggumpalan darah. Jadi selain dikonsumsi sebagai makanan, ternyata jamur kuping sangat bermanfaat bagi tubuh. (sindo//ftr)

http://lifestyle.okezone.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Mushroom Food | Mushroom Restaurant | Food Restaurant | Fried Mushroom | Fried Mushroom | Food di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }