Konstruksi Tenda

Diposting oleh karpetitem on Jun 18, 2009



Beberapa saat yang lalu, saya sempat menulis tentang tenda eiger lightness yang saat itu pilihan hanya didasarkan pada ukuran dan kepraktisan, setelah berselancar ria di internet dan di forum, ternyata ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat memilih dan membeli sebuah tenda pleton.

Saat ini di pasaran banyak sekali beredar tenda-tenda di pen
jual tenda yang entah itu dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor equipment, rata-rata dengan konstruksi tenda dome atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent. Namun dari semua tenda camping dan alat camping yang dijual dipasaran dewasa ini sebenarnya tidak semuanya cocok dipakai untuk mendaki gunung, ada tenda yang hanya cocok dipakai camping di kaki gunung atau bahkan cocok hanya dipakai untuk camping di halaman belakang rumah.

Pada prinsipnya, membeli
tenda pleton dan outdoor equipment dari penjual tenda jangan hanya berdasar nama atau gambar/model saja. Beranilah cerewet dg minta dibuka diberdirikan, kecuali sudah pernah punya tenda dome sejenis atau pinjam temennya. Yang jelas, berusahalah pegang secara fisik.

Nah bagaimana mengetahui ciri-ciri
tenda camping yang cocok untuk mendaki gunung? berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda dan alat camping yang cocok untuk pendakian gunung.

Tinggi Tenda
Tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda untuk camping, ini dikarenakan untuk lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya. Tinggi tenda setidaknya maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda-tenda di luar negeri rataa-rata tingginya 1m atau dibawahnya. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

Bahan tenda
Perhatikan bahan tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun, jika tenda ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.

Bentuk Tenda
Hindari memilih tenda yang mempunya bagian terbuka / menganga, apalagi bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian.

Kepkraktisan saat mendirikan.
Usahakan memilih tenda yang mudah dan praktis saat dirakit atau digunakan. Sekiranya ruwet tidak praktis mending cari merk lainnya.

http://www.ekowahyu.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Tenda Pleton | Jual Tenda | Tenda Dome | Outdoor Equipment | Tenda Camping | Alat Camping | Tenda di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }