Jenis-jenis Bulu Anjing

Diposting oleh malamjumat on Jun 26, 2009



Enam jenis bulu anjing dan cara merawatnya.

Anjing Berbulu Pendek (Short Coat)
Contoh: Golden Retriever

Anjing jenis ini rontok bulu sekali dalam setahun, tergantung pemanasan pusat (central heating). Tetapi Anda tidak perlu khawtir, sebab bulu pengganti tumbuh lebih lebat dua kali dalam setahun. Untuk merapikan bulunya agar mengkilat, Anda bisa mengunakan slicker brush, di seluruh tubuhnya. Kemudian gunakan sikat bulu (seperti debu dan Lumpur), dan bulu yang rontok. Setelah itu, gunakan sisir untuk bulu yang lebih panjang , seperti bulu ekor.

Anjing Berbulu Halus( Smooth Coat)
Contoh: Chihuahua

Jenis anjing yang berbulu halus ini, cukup mudah perawatannya untuk membuatnya tetap bersih dan cantik. Tetapi, pada saat dia rontok bulu, Anda harus siap memunguti bulu2 rontoknya pada perabotan Anda. Di alam liar, anjing jenis ini rontok bulunya 2 kali dalam setahun, tetapi berkat pemanasan pusat ( central heating), hanya rontok sekali dalam setahun. Jenis anjing ini bulunya harus disikat secara rutin untuk mengangkat bulu2 yang rontok kemudian gunakan sikat bulu. (bristle brush), pada seluruh tubuh anjing. Setelah itu, anda bisa menggunakan chamois leather untuk memberi kesan mengkilat pada bulu anjing, karena sampai saat ini masih sangat sedikit jenis conditioner untuk kulit anjing yang bisa mengkilatkan untuk jenis anjing berbulu halus ini.

Anjing Berbulu Panjang (Long Coat)
Contoh : Shih Tzu

Jenis anjing ini memiliki bulu yang panjang di bagian luar, tetapi memiliki bulu bagian dalam yang tebal dan lembut serta mudah kusut. Untuk itu, anjing ini, bulunya harus dirawat tiap hari, dan harus rutin ke grooming
salon anjing. Jika anjing jenis ini rontok bulu, lebih mudah menanganinya,sebab bulu yang rontok langsung menggumpal berbentuk bola bulu. Anda bisa menggunakan slicker untuk merapikan bulu bagian dalam yang kusut, tetapi untuk menanganinya jangan terlalu kasar, agar bulu yang sehat jangan sampai ikut tercabut.

Untuk jenis
anjing berbulu panjang, tersedia cukup banyak grooming spray, yang membantu Anda merapikan bulu anjing yang kusut. Kemudian gunakan pin brush,untuk memeriksa apakah ada kotoran pada bulu anjing, yang tidak tampak dari luar. Gunakan sisir bergigi lebar untuk merapikan bulu pada bagian kaki dan ekor, dan jika dibutuhkan, Anda juga bisa mencukur bulu panjang yang tumbuh di bagian kaki dengan menggunakan gunting berujung bulat (roundended scissors).

Anjing Berbulu Lembut, (Silky Coat)
Contoh: Yorkshire Terrier

Butuh
perawatan anjing setiap hari, Anda bisa memulai dengan menggunakan slicker untuk merapikan bulu yang kusut, tetapi untuk menanganinya jangan terlalu kasar, agar bulu yang sehat jangan sampai ikut tercabut. Pada saat bulu yang kusut sudah selesai dirapikan, gunakan sikat bulu (bristle brush) untuk memberikan kesan bersinar pada bulu anjing Anda. Kemudian sisir bulu pada punggung anjing membelah dua sama sisi, dengan menggunakan sisir bergigi lebar. Potong dan rapikan bulu yang tumbuh terlalu panjang di bagian kaki. Jika Anda memiliki jenis Yorkshire Terrier, gunakan pita untuk menghias dan mengikat jambulnya, agar tidak mengenai mata, mungkin seperti di salon anjing.

Anjing Berbulu Kasar (Wiry Coat)
Contoh: Schnauzer

Untuk menangani dan
perawatan anjing ini, Anda membutuhkan bantuan profesional (Grooming Salon). Anda bisa meminta petunjuk bagaimana cara merawat bulu anjing jenis ini. Karena Anda harus melakukan stripping, yaitu menarik keluar bulu yang rontok, dengan menggunakan tangan, atau pisau stripping. Jenis anjing ini membutuhkan perawatan bulu setiap hari, dengan menggunakan pin brush, agar bulunya tidak kusut.

Anjing Berbulu Keriting (Curly Coat)
Contoh: Poodle

Bulu jenis ini bersifat anti air (waterproof) dan tidak mudah rontok. Tiap dua bulan sekali, sebaliknya anjing jenis ini dimandikan dan digunting bulunya agar rapi, dan juga sisir tiap hari.

www.anjingbagus.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Salon Anjing - Perawatan Anjing - Salon Anjing Jakarta - Anjing hanya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }