Jampi-Jampi Untuk Penyakit

Diposting oleh karpetitem on Jun 10, 2009


Tidak banyak yang mengetahui bahwa asal muasal istilah jamu untuk pengobatan kanker berasal dari istilah 'jampi-jampi'. Presiden Direktur PT Martina Berto Martha Tilaar mengatakan jampi-jampi berarti formula untuk tumor yang berbau magis. "Dulu dukun atau balian memberikan ramuan-ramuan dengan mengucapkan jampi-jampi yang dimohonkan kepada Tuhan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, misal kanker" tutur Martha dalam lokakarya pembukaan program studi herbal kanker Indonesia Universitas Indonesia (UI) di Wisma Makara UI Depok, Selasa (26/5).
Oleh karena asal muasal istilahnya yang dinilai berbau magis inilah, pengembangan produk jamu atau pengobatan kanker herbal berbasis warisan leluhur mendapatkan respon negatif sejak tahun 1970. Namun, Martha mengaku tetap serius dalam menggarap bisnis jamu atau pengobatan herbalnya.

Menurut Martha, pengertian jamu atau pengobatan herbal di masa kini tidak lagi terpaku pada pengertian di jaman dulu. Formula jamu atau pengobatan kanker herbal di masa sekarang pun semata-mata hanya diberikan untuk bahan pengobatan tumor atau ramuan tradisional herbal kanker yang berasal dari tumbuhan, hewan atau mineral untuk pengobatan. Untuk meninggalkan kesan lama pun, dalam beberapa forum pengobatan, istilah jamu untuk pengobatan kanker sering diganti dengan Traditional Indonesian Medicine (TIM).

Ketua Kelompok Kerja Pelayanan Komplementer dan Alternatif Departemen Kesehatan Merdias Almatsier mengatakan jamu untuk pengobatan tumor dikategorikan dalam cara pengobatan kanker herbal, yaitu pengobatan kanker tumor dengan menggunakan bagian tanaman atau ekstraknya yang mengandung bahan berkhasiat untuk tubuh, pencegahan kanker, penyembuhan tumor atau peningkatan kesehatan.

Berbeda dengan herbal terstandar dan fitofarmaka yang juga tergolong pengobatan herbal untuk kanker tumor, pada dasarnya jamu untuk kanker herbal tidak melalui uji praklinik atau uji klinik dan bahan bakunya tidak terstandarisasi.

http://www.sripoku.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Pengobatan Kanker - Pengobatan Kanker Herbal - Pengobatan Tumor - Herbal Kanker - Kanker Tumor - Kanker Herbal - Pengobatan Herbal - Pengobatan - Kanker - Tumor dan Pengobatan Kanker : Pengobatan Kanker Herbal - Pengobatan Kanker & Tumor Surabaya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }