Deterjen Ramah Lingkungan

Diposting oleh karpetitem on Jun 1, 2009



Gawat ekonomi bagaimanapun orang-orang tetap membutuhkan produk sabun untuk mencuci, sampai yang paling parah sekalipun tetap masih menggunakan sabun curah batangan dari penjual sabun. Nah, berikut adalah tips memilih sabun cair yang betul-betul cocok digunakan. Syaratnya:
1. Deterjen tersebut ramah lingkungan. Cara pengujiannya:
-campur produk sabun cair dengan air, aduk merata, kemudian siramkan ke tanaman & tanah.

lihat hasilnya:
- apakah sabun dari penjual sabun tersebut biodegradeable (mudah terurai secara alamiah, tidak meninggalkan bekas)
- jika ke tanaman, apakah tanaman tersebut masih hidup di hari-hari berikutnya?

2. Tidak panas di tangan.
Deterjen yang menyebabkan panas apabila digenggam di tangan adalah karena reaksi dari soda campuran sabun cair tersebut terhadap lemak dibahwa lapisan kulit. Soda nama kimianya Sodium Hydroxide (NaOH). Industri produk sabun cair menggunakan ini karena murah dan penangannya mudah (gimana nasib penggunanya?). Sangat berbahaya, dalam dosis kecil bersifat korosif, jika banyak dapat menimbulkan iritasi. cara pengujian: larutkan produk sabun dalam air secukupnya, kemudian rendamlah beberapa logam besi (misal: paku), biarkan beberapa hari. Hasilnya:
Paku akan berkarat (tanda Sodium Hydroxide mulai bekerja).
Bayangkan jika itu terjadi pada pakaian anda? (pakaian jadinya mudah lapuk)

3. Tidak banyak berbusa.
Asumsi ibu-ibu makin banyak busa sabun curah makin enak nyucinya, makin bersih… Attention Please !!! Asumsi belum tentu benar. Sebelum kita menggunakan sesuatu pertimbangkanlah secara matang keuntungan dan kerugian yang akan timbul darinya. Busa ( Carboxyl Methyl Cellulose) sejenis bahan kimia yang hanya menghasilkan buih. Reaksi terhadap pakaian tidak ada. Karena banyak busa sabun maka kita makin asik menyikat pakaian, akhirnya kotoranpun copot dan pakaian pun rusak karena bolak-balik disikat. Keuntungan banyak busa: Tidak ada.
Kerugian:
- Pemakaian air bertambah (untuk membilas).
- Tenaga lebih banyak keluar.
- Waktupun lebih banyak terbuang (karena harus membilas)

Nah, sampai batas ini saya hanya bisa menyarankan Anda untuk menanyakannya kepada pihak produsen deterjen Anda.

http://4humanity.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Sabun cair ~ Produk sabun cair ~ Produk sabun ~ Jual sabun ~ Sabun curah ~ Sabun dan Sabun Cair : Produk Sabun Cair – Jual Sabun Cair Curah Jakarta di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }