Cara Penataan Ruang Keluarga

Diposting oleh malamjumat on Jun 3, 2009



Menata ruang keluarga tidaklah sulit. Ruangan ini bisa kita tata sendiri, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. TENTUKAN TEMA

Diawali dengan membangun (
build interior) tema dan suasana yang sifatnya lebih personal. Bisa disesuaikan dengan fungsi ruang dan kebutuhan anggota keluarga, serta luas bangunan secara keseluruhan. Jika ruangan keluarga biasa digunakan sebagai ruang multifungsi, maka dapat dipilih tema yang ringan, playful, cerah dan cenderung bergaya modern.

2. FUNGSIONAL

Sebaiknya memilih furnitur sesuai besaran ruang dan kebutuhan dalam ruangan. Jangan memaksa untuk menambahkan furnitur dalam
interior disain yang dirasa tidak perlu sehingga terlihat padat dan memenuhi ruangan. Komposisi letak furnitur juga perlu diperhatikan untuk memudahkan ruang gerak.

3. DEKORASI & AKSESORIS

Dekorasi meliputi perindahan elemen ruangan dan penambahan aksesori. Aksesori digunakan untuk menghindari kesan
interior disain ruang kosong, dan dapat menambah suasana nyaman, hangat dan kesan kebersamaan. Misalnya menempatkan pigura foto keluarga, atau lukisan berwarna cerah, dan aneka display yang mencerminkan sang pemilik rumah. Agar aksesoris tidak menggangu, maka harus perhitungkan dimensi dan jumlah aksesori. Proporsi yang tepat, menjadikan ruangan lebih indah.

4. PENATAAN CAHAYA

Unsur cahaya dapat memperindah
desain ruang, aneka suasana dapat diciptakan dengan tata cahaya yang tepat. Menata cahaya pada ruang tidak harus mahal dan rumit. Jika ingin cahaya yang terang merata, pasang lampu downlight. Sebaiknya yang memiliki dimmer agar dapat diatur tingkat terang-gelapnya. Tambahkan titik-titik lampu yang menyorot objek yang ingin di-blow up agar terlihat keindahannya.

www.bauhausliving.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Interior Disain - Build Interior - Desain Ruang - Interior Ruang - Disain Ruang - Disain hanya di Interior Disain & Build Interior: Disain Interior & Desain Ruang Tangerang - Banten pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }