Cara Membersihkan AC

Diposting oleh karpetitem on Jun 29, 2009



Apabila kita ada waktu luang misalnya hari libur atau hari sabtu minggu 3 Bulan sekali tidak ada salahnya kita pakai membersihkan air conditioner unit Rumah,cara yang saya berikan ini tidak sulit dan tidak memakai perlatan yang anda harus siapkan sebelum membersihkan debu-debu yang menempel di Outdoor maupun Indoor air conditioner split dengan service air conditioner salah satunya adalah :
1. Kuas ukuran sedang,sikat gigi yg tidak terpakai.
2. Obeng + (plus),- (Min)
3. Selang alir(kalau ada),gayung,ember,detergen pencuci pakaian.
4. Lakban(untuk menutup saklar listrik yang terbuka)

Sebelum membersihkan Indoor dan Outdoor air conditioner matikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan air conditioner unit tersebut, untuk yang pertama kita bersihkan adalah:
A.–Outdoornya dengan langkah langkah sebagai berikut:
1. Pakai kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil),pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area itu,membersihkan untuk tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen,langkah ini tidak di wajidkan membersihkan dari dalam,karena debu yang menempel itu hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air, bisa juga meminta bantuan service air conditioner.

2. Apabilah sudah bersih dari Debu-debu kita lanjutkan langkah berikutnya,yaitu :
2.a. Siapkan ember plastik (bak plastik)dan detergen,penuhilah air dan tuangkan detergen secukupnya(setengah genggam tangan orang dewasa).
2.b. Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastic yang dikait oleh 2 baut(tergantung dari merk air conditioner split).Ambil gayung,dan isi air dari bak tadi dengan ¼ air saja berkali kali,kemudian:
2.c. Siramkan ke kisi kisi air conditioner dari sisi depan,anda tidak perlu melepaskan Fan nya(kipas),apabila dianggap mengganggu silahkan di lepas tetapi jangan lupa ketinggalan atau baut slip,karena akan mengurangi kinerja AC.Siramlah dengan cara mengayunkan tangan anda agak kuat(pengganti dari mesin penyemprot yang di pakai oleh Jasa pembersih AC),siramlah dari sela sela fan,siramlah kearah depan dan kearah kiri,jangan menyitam kea rah terlalu kanan,karena box yang di lindungi oleh plat seng itu adalah mesin komperssor(kalau di kipas angin namanya Dinamo)
2.d. Ulangi cara 2.c. sampai benar-benar air yang menetes ke bawah itu bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama.(kurang lebih 3(tiga) ember ukuran sedang) untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen fungsinya untuk membilas agar detergen itu hilang dan tidak menimbulkan karat
2.e. Apabila sudah bersih pasang kisi plastik yang melindungi Fan(kipas).diamkan sampai benar-benar kering kurang lebih 2 jam.

http://monicaelektronik.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Service Air Conditioner ~ Air Conditioner Unit ~ Air Conditioner Split ~ Air Conditioner di 88db.com

{ 6 komentar... read them below or add one }

reza said...

Membantu skali buat orang awam spt saya.
Terima kasih

Martin Kolondam said...

Sangat berguna, terima kasih banyak.

g(_)sm4n said...

berguna namun penuh resiko krn pakai naik tangga dan tak trlalu bersih mending bayar max 40rb /4bln aman qt bs brsihin yg lainnya

Anonymous said...

Kapan Pake lakbannya?
Kalo disiram apa ga kena ke dinamo motornya?

Anonymous said...

orang indonesia kan pemalas bos, liat saja tuh komentarnya, mentang mentang biaya kerja di indonesia murah, coba kalau tinggal di eropa/us baru tau rasa luh bayar kerja beginian lebih mahal dari bayar dokter umum

ipung said...

ane baru aja bersihin sendiri :) itung2 pengalaman teknis jadi nambah hehehe