Beladiri Kungfu Cina jadi Komersial

Diposting oleh Wike Furyandi on Jun 23, 2009


Karena film-film kungfu legendaris dari Hong Kong dan Hollywood, banyak orang membayangkan Shaolin sebagai sebuah kuil tenang dengan biksu-biksu yang bermeditasi dan berlatih bela diri.

Tetapi dengan terbukanya pasar ekonomi Cina yang terus bergulir dengan cepat, Perguruan Kungfu Kuil Shaolin telah berubah menjadi sebuah bisnis komersial.

Amelia Hapsari akan membawa kita mengelilingi tempat asal Shaolin Kungfu atau chinese martial di Propinsi Henan, untuk melihat bagaimana kungfu telah berubah bersama Cina. Lihat kungfu indonesia

“Seni bela diri chinese kungfu berubah seiring dengan kemajuan masyarakat. Di jaman dulu, latihan bela diri ditujukan untuk melindungi diri sendiri dan mempertahankan negara dalam keadaan perang, juga untuk mempertahankan kebenaran. Itu adalah esensi bela diri kungfu martial di masa lampau. Tetapi pelan-pelan, pertarungan berubah menjadi sebuah pertunjukan artistik.”

Pada masa Revolusi Kebudayaan di masa Mao, dari 1966 sampai 1976, bersama dengan bentuk-bentuk praktek agama lainnya, kungfu dilarang.

Ayah Liang Shaozong dipenjara bersama dengan master-master kungfu martial dan biksu-biksu Shaolin lainnya.

Kuil Shaolin dirusak oleh Garda Merah Mao dan para biksunya dibubarkan.

Meskipun demikian, ketika Revolusi Kebudayaan berakhir dengan kematian Mao di tahun 1976, chinese kungfu boleh dipraktekkan lagi.

Ini sangat berbeda dari ketika Liang Shaozong belajar kungfu dari ayahnya.

“Kungfu tempo dulu kungfu chinese martial diajarkan di halaman rumah. Paling banyak 10 orang bisa diterima. Mereka yang sudah diajar sebelumnya akan mengajar murid-murid angkatan berikutnya. Tetapi dengan banyaknya orang yang ingin belajar seni bela diri, sistem ini tidak praktis lagi.”

Di halaman depan Perguruan Kungfu Seni Bela Diri Shaolin Epo, delapan ratus siswa sedang mempersiapkan pertunjukan mereka di sebuah Expo di Guangzhou.

Untuk pertunjukan ini, kepala mereka akan digunduli, dan mereka akan mengenakan jubah kuning Shaolin untuk memunculkan wajah biksu-biksu kontemplatif dari Kuil Shaolin.

Tetapi mereka hanyalah anak-anak Cina, yang berharap bisa mengubah peruntungan mereka bersama dengan kungfu yang meraup keuntungan dari Cina yang sedang berubah.

asiacalling.kbr68h.com

Temukan informasi lainnya mengenai Chinese Martial - Chinese Kungfu - Kungfu Indonesia - Kungfu Martial - Perguruan Kungfu - Kungfu pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }