Awasi Tempat Cuci

Diposting oleh karpetitem on Jun 8, 2009


Sewaktu menunggui dan mengawasi mobil yang sedang dicuci dengan car washing machine, saya duduk di kantor cuci mobil dan cuci motor itu sambil menikmati teh botol yang diberikan sebagai servis oleh pemilik car washing. Dari sekedar basa basi, obrolan saya dengan sang bos cuci mobil dan cuci motor dengan car washing machine jadi makin seru. Gile bener, ternyata Jakarta memang gudang uang bukan hanya bagi mereka yang mau kerja keras tapi juga mau main silat dengan ngakali orang lain.

Mungkin cerita ini sudah diketahui banyak orang tapi sungguh, saya yang naïf merasa kaget kok ada ya orang cari uang dengan cara begitu. Sang bos mesin cuci mobil cerita beberapa temannya pemilik servis cuci mobil besar dengan mesin cuci mobil juga bengkel besar sering dapat durian runtuh karena pemilik mobil seringkali tak mengerti dan tak bisa membedakan apakah mobilnya yang tadi masuk tempat washing machine / bengkel alat cuci mobil tidak berganti rupa saat keluar dalam keadaan kinclong dan kelihatan tak lagi ada masalah..

Komponen seperti head lampu mobil, over haul engine, tyroid (bener ga sih tulisannya?) stir mobil bahkan sensor speedometer pada mobil Isuzu Elf yg terletak di bawah, sangat rawan diganti karena ada stok palsunya seperti juga barang lain di Republik ini. Tak ada yang bisa membedakan yang mana asli dan mana yang palsu, bahkan oleh orang yang biasa berurusan dengan mobil, kecuali diletakkan kedua barang (asli dan palsu) itu di atas meja. Margin keuntungan yang berlipat membuat black market untuk barang aspal itu tak pernah kekurangan stock lho!

Lalu? Sang bos bilang: Semua barang itu ada umurnya. Jangan lupa beli di dealer resmi dan minta stempel lengkap dengan tanggal bahwa barang itu asli. Jangan malas bertanya kepada pemilik toko berapa umur masing-masing barang lalu mencatatnya lengkap dengan tanggal. Simpan bon pembelian yang ada stempel asli itu hingga kita tahu apakah barang itu rusak sebelum umurnya.

Jika ya terjadi, jangan mengira itu adalah takdir Tuhan. Percayalah bahwa maling kian canggih dan sering kali memanfaatkan pikiran tentang takdir itu. Jangan ragu bawa catatan tentang umur barang tadi dan komplain ke toko asal jika barang rusak sebelum waktunya untuk minta ganti karena mereka pasti menyimpan yang asli jika yang palsunya sudah diberikan pada kita waktu itu. Dan percayalah mereka akan memilih mengganti dengan yang asli jika kita bilang akan kita laporin ke polisi (siapa juga yang mau urusan sama polisi?). Dan terakhir, jangan memilih tempat cuci mobil dengan alat cuci mobil atau bengkel washing machine yang kita tak bisa ngawasi mobil kita.

Rahmah Hasjim (http://brilliantchallenge.wikimu.com/)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Cuci Mobil - Cuci Motor - Car Washing - Washing Machine - Car Washing Machine - Mesin Cuci Mobil - Alat Cuci Mobil dan Cuci Mobil & Motor : Car Washing Machine – Mesin & Alat Cuci Mobil Bandung Jawa Barat di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }