Warga Singapura Pakai Batik Indonesia

Diposting oleh Wikey on May 7, 2009


Saat ini Baju Batik menjadi bahan impor nomor satu masyarakat Singapura.

Pekan Batik internasional yang diresmikan siang tadi, Kamis 30 April 2009 ternyata banyak menjadi perhatian warga Singapura, dan merupakan salah negara yang ikut meramaikan pameran tersebut bersama Jepang dan Philipina.

Pekan Batik yang diselenggarakan di lapangan Jetayu, Pekalongan, Jawa Tengah ini menghadirkan ratuan bahkan ribuan jenis Motif Batik ala pekalongan dan tiga negara peserta lainnya.

Seorang warga Singapura mengaku takjub melihat beraneka ragam khas Motif Batik Indonesia, khususnya Pekalongan yang memiliki nilai seni tinggi dan sangat tradisional, hingga proses pembuatan yang sulit.

"Busana Batik Indonesia menjadi bahan impor nomor satu masyarakat Singapura, karena warga kami lebih senang menggenakan batik pesisir yang ada di Pekalongan ini," ujar seorang pengunjung asal Singapura, Robert Jims.

Sementara, Menteri Perdagangan Mari Elka Pengestu mengatakan, dalam pekan batik internasional kali ini, akan memfokuskan pada penghargaan kepada para pengrajin Busana Batik, karena sudah mempertahankan salah satu aset budaya bangsa dari tahun ke tahun.

Untuk batik-batik yang ada di daerah seperti Batik Solo akan segera di patenkan dan memiliki hak cipta, terutama yang tradisional. "Dengan demikian Model Batik Indonesia tidak akan dijiplak oleh negara manapun," katanya. Pameran itu sendiri berlangsung selama lima hari.

Sumber: nasional.vivanews.com

Temukan info lain pada Baju Batik - Motif Batik - Model Batik - Batik Solo - Busana Batik - Blus batik - Model Busana Batik - Baju Batik Solo - Desain Busana Batik - Batik dan Baju & Blus Batik: Model & Motif Batik - Desain Busana Batik Solo hanya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }