Tips Pindah Rumah Baru

Diposting oleh Wike Furyandi on May 8, 2009



Kesalahan yang sering dilakukan saat harus pindah rumah adalah, segala sesuatu baru dikerjakan di hari-hari terakhir menjelang kepindahan. Akibat waktu sudah mepet, Anda pun memasukkan semua barang ke dalam kardus tanpa memilah-milah lagi (Home Packing).

A. Sebelum Pindah
1. Jadualkan apa yang harus dipersiapkan hingga 'hari H' kepindahan:
- Buat daftar barang apa saja yang harus dipak (Home Packing Goods) di satu tempat, mana yang akan ditinggal dan mana yang akan dihibahkan ke tetangga.
- Pilah mana benda yang akan segera diperlukan di rumah baru, mana yang tidak.
- Sebelum di kemas, lapisi piring dan gelas dengan kertas koran atau masukkan kembali ke dalam dusnya (jika masih ada), agar tidak mudah pecah. Tulisi bungkusnya dengan 'Awas pecah belah!'

2. Pindahan Rumah sediakan kardus khusus untuk mainan anak-anak dan jangan lupa bagian luarnya diberi tanda, agar si kecil mudah mengenalinya. Minta bantuan anak-anak untuk mengemasinya. Sedapat mungkin untuk mainan dan buku-buku koleksi anak-anak mendapat tempat sendiri.

3. Jika barang-barang yang besar sudah tercatat semua, hubungi Jasa Pindahan Rumah untuk bantuan kepindahan. Pastikan Anda menyewa angkutan yang cukup besar, sehingga semua barang dapat langsung di bawa tanpa harus bolak-balik. Lihat juga Packing Goods dan Packing Jakarta.

4. Seminggu menjelang kepindahan, upayakan semua barang telah dibungkus/Packing. Sisakan saja barang-barang yang memang diperlukan sehari-hari, pengemasannya bisa dilakukan saat kepindahaan nantinya.

5. Sebaiknya sesuaikan dengan kenaikan sekolah anak-anak, sehingga mengurus kepindahan akan lebih mudah. Sebelum pindah, carilah sekolah baru bagi si kecil dan jangan segan-segan meminta bantuan kepala sekolah atau guru kelas untuk memperkenalkan anak kepada teman-teman sekelasnya. Lihat Jasa Packing.

6. Jangan pernah memasukkan barang berharga atau surat penting di sembarang tempat, simpanlah benda-benda berharga secara tersendiri.

7. Pastikan saat pindah, tidak ada lagi barang yang tercecer. Kunci pintu dan jendela jika tidak ada yang menjaga, putuskan saluran telepon, aliran listrik dan air sebelum Anda tinggalkan. Lihat Home Packing dan Jasa Pindahan Rumah.

8. Periksa lagi semua rekening listrik, telepon dan air, apakah sudah dibayar. Atau hutang pada tukang sayur langganan dan tukang koran. Jangan lupa pamit pada tetangga dan kepala Rukun Tetangga (RT).

9. Hindari memperbaiki perabotan seperti lemari, ranjang atau lemari pajang saat akan pindah, karena kemungkinan lecet atau kotor kembali sangat besar.

B. Setibanya di rumah baru

1. Begitu tiba di rumah baru/Pindahan Rumah, tentukan di mana akan meletakkan perabot-perabot besar seperti lemari, tempat tidur, bufet, lemari pajang, meja belajar dan sebagainya untuk menghindari resiko menggores lantai rumah.

2. Jangan terburu nafsu membongkar semua barang yang sudah dipindahkan, utamakan membongkar yang penting-penting saja.

3. Jika semua barang-barang utama sudah pada tempatnya, maka satu per satu kardus bisa dibongkar. Misalnya kardus berisi pakaian, dapat langsung diatur ke dalam lemari pakaian.

4. Jika semua barang sudah dikeluarkan, mulailah mengatur kamar anak-anak agar nyaman ditempati.

5. Atur kembali tanaman hias dari rumah lama, agar halaman rumah juga tampil asri.

6. Luangkan waktu untuk berkenalan dengan para tetangga di sekitar rumah dan pada Ketua RT. Jika sudah rapi semua, Anda juga bisa melapor ke kelurahan untuk membuat surat-surat penting, seperti Kartu Keluarga, KTP dan lainnya.

7. Beritahukan pula alamat baru Anda kepada kerabat, relasi, bank atau pihak asuransi yang berkaitan dengan usaha Anda. (YSM)

Sumber: halohalo.co.id

Temukan info lain di Home Packing - Packing Goods- Pindahan Rumah - Goods Jakarta - Jasa Pindahan Rumah - Packing Jakarta - Jasa Packing - Home Packing Goods - Packing dan Jasa Pindahan Rumah Jakarta : Packing Goods & Home Packing Goods Jakarta Timur hanya di 88db.com

{ 3 komentar... read them below or add one }

GPM Movers said...

Tips Memilih Perusahaan Jasa Pindahan

Anda atau Perusahaan Anda berencana Pindah Rumah, Kantor, Apartemen, Gudang ataupun Pabrik?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hal merencanakan pindahan.

Yang pertama dan paling penting adalah dalam memilih Perusahaan Jasa Pindahan / Movers Company.

Sekarang ini banyak sekali berdiri Perusahaan Jasa Pindahan mengingat semakin bertambahnya kebutuhan akan Jasa Pindahan. Yang perlu diperhatikan dalam memilih Perusahaan Jasa Pindahan adalah memastikan Legalitas Perusahaan Jasa Pindahan tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan sebuah Perusahaan Jasa Pindahan, ada baiknya Anda memastikan kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan Legalitas Perusahaan tersebut, antara lain AKTA Pendirian Perusahaan, TDP, SIUP, PKP dan NPWP serta Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

Akan lebih baik apabila Anda menyempatkan waktu untuk mensurvey alamat Perusahaan Jasa Pindahan yang akan Anda pilih, apakah alamat yang diberikan oleh Perusahaan sesuai dengan alamat domisili Perusahaan tersebut.

Yang kedua adalah melihat pengalaman perusahaan tersebut dalam dunia Jasa Pindahan. Hal ini akan berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan barang-barang Anda. Perusahaan Jasa Pindahan yang telah berpengalaman sudah pasti memiliki tenaga kerja yang profesional di bidang Jasa Pindahan. Perusahaan tersebut akan berusaha menjaga nama baik perusahaanya dengan menjaga dan meningkatkan kinerja perusahaan. Semua itu akan menciptakan rasa aman, nyaman serta kepuasan bagi customernya.

Hal yang ketiga adalah biaya yang ditawarkan oleh Perusahaan Jasa Pindahan. Tidak ada salahnya kita memilih Perusahaan yang memberikan penawaran harga yang termurah. Namun tinggi rendahnya biaya yang ditawarkan akan berpengaruh terhadap kualitas layanan yang diberikan. Hal ini akan mempengaruhi kualitas material pengepakan yang digunakan, kualitas tenaga kerja, kualitas penanganan barang-barang serta kualitas armada yang digunakan untuk proses pindahan.

Agar Anda tidak mendapatkan masalah di dalam proses Pindahan Anda, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas.

GPM Movers
Telp: (021) 7374636
Website:
www.jasa-pindahan.com

www.godean-group.co.id

www.gpm-movers.webs.com

lesgitarmalang said...

Artikel yg menarik....

http://lesgitarmalang.wordpress.com/

f172bcfc-8543-11e0-99b7-000bcdcb471e said...

Jika memang mempunyai budget, sebaiknya menggunakan jasa pindahan saja, memang sih biayanya lebih mahal sedikit, tapi manfaatnya jauh lebih banyak, dan sangat mengurangi stress......

jasa pindahan