Profesi Manajer Artis

Diposting oleh Si Jenggot on May 25, 2009



Manajer artis. Sebetulnya keberadaan profesi ini belum berlangsung lama di Indonesia. Semula, sebagian orang menganggapnya sebagai latah belaka untuk melengkapi penampilan seorang artis agar dianggap profesional. Tapi pendapat lain mengatakan, keberadaan seorang manajer bagi artis adalah sebuah tuntutan profesionalitas yang tak boleh ditunda lagi. Lihat Star Management dan Management Indo.

Pendapat pertama, jelas berawal dari ketidakmengertian si Artis Star maupun seseorang yang disebut sebagai manajer. Sang Artis Star menganggap, manajer tak lebih dari seorang babu yang harus mempersiapkan segala keperluannya. Mulai dari membawakan baju, tas, sampai mengawal sang artis di tempat pekerjaan. Sementara sang manajer menganggap, lingkup pekerjaannya hanya menunggu telepon dari klien tanpa harus mencari job buat sang artis.

Keberadaan seorang manajer atau Management Artis adalah tuntutan profesionalitas yang tidak bisa ditunda lagi di Indonesia. Pasalnya, bagaimana seorang artis dapat bekerja secara profesional jika waktunya banyak tersita urusan teknis dan administratif dengan pihak industri hiburan, sehingga kurang memiliki waktu untuk meningkatkan kemampuan sebagai artis?

Jadi profesi manajer atau Management Artis sudah menjadi kebutuhan mutlak pengembangan karier artis.

Apabila artis (Artis Cantik ) dituntut bekerja secara profesional, maka manajer atau manajemen artis yang mendampinginya pun harus profesional pula. Oleh karena itu, harus ada standar bagi profesi manajer atau manajemen artis (Management Star).

"Mereka harus memiliki kontak dengan pelaku industri hiburan (Artis Cantik), pengalaman dan latar belakang sehingga ia berkualifikasi dalam memberikan layanannya kepada artis asuhan mereka," ungkap Harry Koko Santoso, Direktur Deteksi Production yang banyak memanggungkan artis Indonesia itu.

Sayangnya, kata Koko, masih banyak manajemen (Star Management) atau manajer artis di Indonesia yang masih tidak jelas kerjanya.

"Mereka hanya mengharapkan komisi, tanpa ada upaya mencarikan job, atau mengembangkan artis yang dimanejerinya untuk lebih berkembang karirnya," katanya.

Berbagai sumber


Temukan informasi lainnya mengenai Management Artis ~ Star Management ~ Management Indo ~ Artis Cantik ~ Management Star ~ Artis Star hanya di Management Artis-Star Management:Artis Indo-Management Indo&Artis Cantik Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }