Pola Dasar Dalam Menjahit

Diposting oleh malamjumat on May 28, 2009



Pengertian Pola dasar

Pola atau Patern dalam
menjahit adalah potongan kain atau kertas yang dipakai sebagai contoh untuk membuat baju, pada saat kain digunting. Potongan kain atau kertas tersebut mengikuti ukuran bentuk badan dan model tertentu.

Pola dasar dalam
menjahit baju terdiri dari :

1. Pola badan bagian atas, dari bahu sampai ke pinggang, biasanya disebut pola badan bagian muka dan belakang.

2. Pola bagian bawah, dari pinggang sampai lutut atau sampai mata kaki. Atau biasa disebut pola dasar rok muka dan belakang.

3. Pola lengan, dari lengan bagian atas atau bahu terendah sampai siku atau pergelangan, biasa disebut pola dasar lengan.

4. Adapula pola badan atas dengan pola badan bawah yang menjadi satu biasa disebut pola dasar gaun atau baju terusan. Sebenarnya tidak ikut
kursus menjahit juga tidak apa-apa untuk mengetahui hal ini.

Tujuan mempelajari Pola dasar
jahit menjahit ataupun dalam belajar menjahit adalah supaya dapat mewujudkan busana sesuai model, bentuk tubuh atau proporsi tubuh dengan baik dan serasi.

Kunci keberhasilan pola dasar dalam
menjahit baju terletak pada ketepatan mengambil ukuran, cara menggambar pola dan memahami bentuk tubuh sipemakai.

Mengambil ukuran badan

Saat
jahit menjahit yaitu mengambil ukuran, model atau orang yang diukur harus berdiri dengan sikap tegak lurus supaya ukuran yang diambil tepat.

Sebelumnya ikatlah tali ban atau ban elastic kecil dengan lebar tidak lebih dari 2 cm pada pinggang sebagai batas badan atas dan bawah. Perhatikan benar agar letak tali tepat di tempatnya dan tidak berkelok-kelok.


http://blog.360.yahoo.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Kursus Menjahit - Belajar Menjahit - Menjahit Baju - Kursus Jahit - Jahit Menjahit - Menjahit hanya di Kursus Menjahit & Menjahit Baju: Kursus Jahit & Belajar Menjahit Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }