Pita Sulam Jepang Dan Eropa

Diposting oleh karpetitem on May 19, 2009


Kita sering mendengar ada dua gaya sulam pita, yaitu: sulaman pita Jepang dan motif sulam pita Eropa. Perbedaan antara sulam pita Jepang dan sulaman pita Eropa terletak pada pengaplikasian kain sulam pita dan bentuk motif sulam. Untuk kain sulam pita Jepang dapat langsung kita aplikasikan pada baju sulam pita atau motif sulaman di atas baju sulaman, sedangkan motif sulam pita Eropa harus kita bentuk terlebih dahulu menyerupai motif kain bunga ataupun motif sulaman daun baru bisa diaplikasikan ke kain sulaman dengan cara dijahit ataupun direkatkan.

Sulam pita Jepang
Pada dasarnya baju sulam pita jepang tidak jauh beda dengan sulaman kain benang. Hanya saja kain sulam yang satu menggunakan benang sulam kain sedang sulam baju lainnya menggunakan motif kain pita. Adapun mengenai bentuk baju sulam dan cara sulaman baju benar-benar sama. Pada motif sulam benang kita mengenal french knot, flying stitch sampai chain knot. Begitu pula pada kain sulam pita Jepang. Namun memang ada trik-trik khusus dalam kain motif sulam pita Jepang yang sedikit berbeda dengan sulam baju motif. Tapi perbedaan tersebut tidak mendasar sehingga bila kita sudah mahir bermain dengan sulam motif baju, otomatis kita tidak akan terlalu kesulitan mencoba baju sulaman pita Jepang. Kain sulaman pita Jepang biasa digunakan untuk hiasan sulaman kain di motif baju/ kain motif taplak/ sulam kain tempat tissue dll.

Sulam pita Eropa
Sebaliknya dengan baju sulam pita Eropa; bentuk dan cara membuatnya benar-benar berbeda dengan pita sulam baju Jepang maupun sulam benang. Bukan itu saja, jenis sulaman baju pita yang digunakan juga berbeda. Untuk sulam pita Jepang kita banyak bermain dengan baju motif pita satin, sedangkan untuk sulam pita Eropa kita hampir selalu menggunakan pita organdi. Sulam pita Eropa biasa digunakan untuk corsage, pajangan dengan bingkai, hiasan di tas dll.

http://samaracollection.multiply.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Sulam Pita - Sulaman Pita - Kain Sulam Pita - Kain Sulam - Motif Sulam Pita - Motif Sulam - Baju Sulam Pita - Baju Sulam - Motif Kain - Kain Motif - Baju Motif - Motif Baju - Baju Sulaman - Kain Sulaman - Motif Sulaman - Sulaman Kain - Sulam Kain - Sulam Baju - Sulaman Baju dan Kain Sulam Pita: Motif Sulam Pita& Baju Sulam Pita- Baju Sulaman Tangerang di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }