Persiapan Membangun Rumah

Diposting oleh Wike Furyandi on May 28, 2009


Anda berencana membangun Rumah Tinggal dalam waktu dekat? Tak sedikit orang yang tiba-tiba saja merasa ‘pusing tujuh keliling’ ketika hendak membangun rumah. Rasanya, begitu banyak hal yang bertumpuk memenuhi isi kepala. Dari soal dana, Disain Rumah, tukang, Gambar Disain, harga bahan-bahan bangunan yang meroket, sampai soal-soal kecil seperti memilih motif keramik lantai.

Hal utama yang perlu Anda siapkan adalah dana. Besaran dana yang Anda miliki akan sangat menentukan segala-galanya. Mulai dari Disain Rumah, bahan bangunan yang digunakan, sampai pernak-perniknya. Masalah dana menjadi makin penting karena saat ini harga berbagai jenis bahan bangunan terus merangkak naik (Gambar Disain Rumah).

Meroketnya harga bahan-bahan bangunan, membuat orang yang akan membangun rumah, mesti pintar-pintar merancang strategi. Bila dana yang ada tak cukup untuk membeli bahan kelas satu, biasanya orang akan memilih material berkualitas nomor dua. Hanya saja, bila kualitas material diturunkan, maka ketahanan dari rumah yang dibangun tentu tak akan bertahan lama. ”Kalau memilih material kelas dua atau kelas tiga, setahun mungkin sudah rusak,” lihat Gambar Rumah Tinggal dan Gambar Disain Rumah.

Strategi yang paling jitu untuk mengatasi masalah itu, kata dia, adalah membangun rumah secara bertahap. Otto mencontohkan, bila rumah yang akan dibangun luasannya mencapai 200 meter, maka pada tahap pertama luasan rumah yang dibangun sekitar 150 meter. Dengan begitu, kualitas material yang digunakan bisa tetap sesuai dengan keinginan.

Desain arsitektur
Selain soal dana, hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah menentukan Disain arsitektur. Menurut Otto, bila tak mampu menggambar rumah, maka sebaiknya desain dan Gambar Rumah diserahkan kepada ahlinya, yaitu arsitek. ”Memang, harus ada dana yang dikeluarkan untuk ini,” ungkapnya. Soal biaya, tentu akan sangat tergantung pada Anda untuk memilihnya. Hanya saja, lanjut Otto, ada beberapa hal perlu diperhatikan saat memilih ahli Disain arsitektur ini. Kata dia, usahakan untuk tak memilih desainer yang egois. ” Disain Rumah Tinggal harus sesuai dengan selera konsumen.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa desainer adalah Anda dapat merencanakan pembangunan dan Disain Rumah Tinggal sesuai dengan kemampuan atau bahkan dapat dibangun bertahap sesuai dana.

Jasa kontraktor, tutur Otto, sangat efektif digunakan bila Anda tak memilki banyak waktu. Atau bila Rumah Tinggal yang akan dibangun harus selesai tepat waktu. Tentu Anda pun harus memilih jasa kontraktor yang sudah terpercaya (Gambar Disain). Ada beberapa hal yang harus Anda sepakati dengan jasa kontraktor yang telah dipilih. Misalnya, soal spesifikasi bahan yang akan digunakan, sistem pembayaran, sistem kerja, harga kontrak, hingga soal fee. Bila semua telah dibicarakan secara jelas, maka tak ada keluhan di kemudian hari. Dengan persiapan yang matang, Gambar Rumah dan desain yang dibangun pun akan sesuai dengan impian Anda. Selamat membangun.

Sumber: bangun-renovasi-rumah.com

Temukan info lain pada Disain Rumah - Gambar Disain - Gambar Rumah - Rumah Disain - Rumah Tinggal - Gambar Rumah Tinggal - Gambar Disain Rumah - Disain Rumah Tinggal - Disain dan Disain Rumah: Gambar Disain Rumah & Disain Rumah Tinggal Bandung Jawa Barat hanya di 88db.com

{ 4 komentar ... read them below or add one }

Armstrong Indonesia said...

bila kualitas material diturunkan, maka ketahanan dari rumah yang dibangun tentu tak akan bertahan lama. bahan bangunan yang baik menjamin keawetan dan kekuatan suatu bangunan.

security services said...

Membangun rumah secara bertahap memang cara jitu menghemat biaya,walau sebenarnya saat diakumulasi, total biayanya sama saja.

motivator Indonesia said...

Jika tidak mampu menggambar desain rumah sendiri sebaiknya memang langsung menyerahkan pekerjaan tersebut pada ahlinya...

industrial maintenance said...

Jasa kontraktor, tutur Otto, memang sangat efektif digunakan bila kita tak memilki banyak waktu.