Penyajian Nasi Timbel & Dapur Khas Sunda

Diposting oleh malamjumat on May 28, 2009


Menu yang disebut nasi timbel komplet umumnya terdiri atas nasi timbel (yaitu nasi yang ditanak dengan dibungkus daun pisang), sepotong ayam goreng, sekerat ikan asin jambal roti(ikan asin kualitas tinggi), tahu dan tempe goreng, serta semangkuk sayur asem dan tak lupa sambal yang pedasnya bias membuat lidah Anda bergoyang.
Di warung nasi, Anda juga bisa memesan nasi timbel saja, sedangkan lauk pauk pendampingnya bisa dipilih sendiri. Biasanya lauk pauk yang dipadu padankan dengan nasi timbel sifatnya kering, misalnya gurame goreng, cumi-cumi goreng, atau pete goreng.


Seni dapur Sunda tradisional dikenali pula dari ikan atau daging asap. Pada dapur rumah tangga tradisional Sunda selalu ada hawu (tungku kayu bakar). Di atas hawu inilah potongan ikan dan daging digantung supaya matang serta awet oleh asap atau udara panas hawu yang hampir tak pernah mati hingga berhari-hari. Sayang, di tengah kota Bandung sekarang Anda nyaris sudah tidak dapat menemukan dapur tradisonal Sunda.
Jika seni dapurnya terwakili oleh nasi timbel komplit, seni makan orang Sunda terletak pada penyajian timbel. Normalnya, bila Anda masuk rumah makan Sunda, Anda bias langsung makan tanpa pakai lama, karena semua lauk-pauk sudah tersedia dan tersaji di atas meja. Sedikit berbeda dengan situasi di warung nasi Padang, di rumah makan Sunda, Anda yang suka makanan tersaji panas/hangat silakan saja meminta ayam atau lauk pauknya digoreng baru pada saat Anda tiba.

http://bandung.petawisata.com

Temukan informasi lainnya mengenai Nasi Timbel - Nasi Timbel Komplit - Timbel Komplit - Warung Nasi - Timbel hanya di Nasi Timbel: Nasi Timbel Komplit & Warung Nasi Timbel Jakarta Selatan hanya di pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }