Pencegahan Keputihan

Diposting oleh karpetitem on May 25, 2009


Keputihan tuh artinya keluarnya cairan yang berlebihan dari alat kelamin (vagina) cewek. Vagina normalnya memang memproduksi cairan buat menjaga kelembaban, membersihkan dari dalam, dan menjaga keasaman vagina karena di situ banyak mengandung bakteri-bakteri menguntungkan. Selama keseimbangan bakteri yang menguntungkan itu bagus, tentu aja infeksi pada organ reproduksi cewek ini bisa dicegah dengan obat keputihan. Nah, oleh sebab itu sebenarnya keputihan wanita tuh ada dua macam, yaitu keputihan vagina yang normal dan wanita keputihan yang enggak normal yang bisa dicegah dengan obat vagina. Jadi, kita enggak perlu bingung dulu kalau merasa mengidap vagina keputihan. Siapa tahu ini termasuk keputihan wanita normal kan?

Keputihan yang normal
Cara gampang mengenal adanya keputihan vagina dengan merasakan adanya cairan yang lebih banyak dari biasanya. Keputihan normal biasanya terjadi sebelum menstruasi atau setelah menstruasi. Bisa juga terjadi pada masa subur, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi. Keputihan normal terjadi karena perubahan hormon-hormon seksual cewek (hormon estrogen dan progesteron). Biasanya cairan yang keluar tuh warnanya bening, enggak lengket, enggak berbau, enggak gatal dan biasanya juga enggak keluar terus-menerus.

Keputihan enggak normal
Keputihan enggak normal atau patologis bisa terjadi karena infeksi bakteri, jamur, virus, atau mungkin karena proses radang karena alergi, bisa diobati dengan obat keputihan wanita. Keputihan patologis ini gejalanya antara lain keluar cairan banyak dan terus-menerus dari vagina, bisa dicegah dengan obat keputihan vagina. Cairan tidak jernih, berwarna putih, kuning, sampai kehijauan, bisa diobati dengan keputihan obat. Terasa gatal, berbau tidak enak sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, obati dengan obat keputihan wanita. Bila tanda-tanda tersebut itu terjadi, berarti kita harus pergi ke dokter. Nanti dokter akan ngasih obat keputihan wanita keputihan yang tepat.

Pengobatan
Sudah disebutkan di atas, vagina keputihan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, atau proses alergi. Tapi, dokter merasa kesulitan menentukan obat vagina karena gejalanya yang timbul enggak khas. Makanya, diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk mendukung diagnosis keputihan obat.

Pencegahan
Pencegahan terhadap keputihan sama dengan pencegahan-pencegahan terhadap penyakit lain, misal dengan obat keputihan vagina. Yang paling utama untuk mencegah keputihan adalah menjaga kebersihan dan kelembaban vagina. Kita berganti celana dalam sesering mungkin karena kalau terlalu lembab bisa jadi sumber infeksi dan menimbulkan gejala keputihan. Kita harus membiasakan diri mengenal alat kelamin kita sendiri sehingga jika ada kelainan dapat langsung ditangani secepatnya. Makanya, mulai sekarang kita harus mewaspadai munculnya gejala-gejala keputihan yang enggak normal ini. Dan enggak perlu malu untuk memeriksakannya ke dokter. Good luck!

http://www2.kompas.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Obat Keputihan - Obat Vagina - Keputihan Wanita - Keputihan Vagina - Obat Keputihan Wanita - Obat Keputihan Vagina - Keputihan Obat - Wanita Keputihan - Vagina Keputihan dan Obat Vagina&Obat Keputihan: Obat Keputihan Wanita&Keputihan Vagina Wanita Jakarta di 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

bacterial vaginosis treatment said...

sip banget dah..
bisa nih docoba bair2 benar2 sehat