Mencapai Berat Badan Ideal

Diposting oleh karpetitem on May 1, 2009


Masalah berat badan ideal merupakan masalah yang sangat pelik dan sering dipertanyakan oleh pasien yang saat ini mengalami kegemukan. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti untuk mengendalikan berat badan.

1. “Saya harus bisa!!!” Tanamkan tiga kata itu dalam diri anda sebagai langkah pertama untuk penurun berat badan dan meraih berat ideal.

2. Sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan pernah meninggalkan rumah di pagi hari tanpa menyentuh sesuatu untuk dimakan sebab makanan penambah berat badan ini akan memberikan anda cukup tenaga untuk beraktifitas seharian. Tidak perlu sarapan makanan yang berat berat, cukup pisang, yogurt, sereal, roti dan lain lain sebab makanan ringan yang mengandung banyak serat dan protein akan memberikan anda rasa kenyang hingga tiba waktunya makan siang.

3. Jangan melakukan diet untuk penurun berat badan. Untuk jangka pendek memang diet akan menjadi penurun berat badan anda, namun bila diet anda hentikan maka akan terjadi penambah berat badan anda kembali. Yang penting dilakukan adalah memilih makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan badan ideal anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan berat badan ideal secara optimal.

4. Selalu makan secara teratur. Tubuh secara unik akan menurunkan metabolisme bila sedang lapar, hal ini tentu tidak bagus untuk proses penurun berat badan. Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah pola makan harian yang bisa menjadi penambah berat dan rutin anda lakukan setiap hari. Pastikan jadual makan anda tersebut sedikitnya 3 kali sehari.

5. Perbanyak konsumsi serat. Serat sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan mencapai berat ideal. Serat yang kita makan sehari hari berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan memperlancar pengosongan saluran pencernaan. Serat juga bisa mempercepat rasa kenyang sehingga secara alami mengurangi porsi makanan yang tidak berguna.

6. Makanan sehat selalu menjadi pilihan utama. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Pilih minyak sayur sebagai sumber lemak karena mengandung lemak tak jenuh dalam porsi tinggi. Makan makanan yang banyak mengandung Omega 3 seperti ikan.

7. Olah raga. Sesuaikan olah raga yang anda pilih dengan kondisi badan ideal anda. Salah satu olah raga yang sehat, murah dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki. Ingat, olah raga tidak hanya menurunkan berat badan anda tetapi juga membuat tubuh anda lebih sehat.

8. Buang kebiasaan ngemil di malam hari, karena akan menjadi penambah berat badan. Ngemil di malam hari akan menghancurkan upaya anda menurunkan berat badan sebab kalori yang anda makan setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh.

9. Perbanyak konsumsi protein. Memakan makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak akan membuat perut anda kenyang dalam beberapa jam sehingga mengurangi kebutuhan anda akan makanan yang mengandung kalori tinggi.

http://www.blogdokter.net/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Berat Badan Ideal ~ Penambah Berat Badan ~ Penurun Berat Badan ~ Berat Badan ~ Berat Ideal ~ Badan Ideal ~ Penambah Berat ~ Penurun Berat dan Berat Badan Ideal : Penambah Berat Badan & Penurun Berat Badan Jakarta di 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

dhan said...

kadang apabila kita ingin menurunkan berat badan memang agak sulit karena tekat yang kurang kuat dan kurangnyan kesabaran,,
biasanya berat bukannya menurun tetapi malah bertambah akibat keingin menurunkan berat secara instan.