Memilih Ragam Mainan Edukatif

Diposting oleh karpetitem on May 5, 2009


Semua anak tentunya senang bermain. Terutama mereka yang masih balita. Dan sebagai orang tua, kita harus bisa memilih alat permainan untuk mereka yang mereka sukai dan juga mendidik. Ada berbagai macam jenis permainan edukatif yang bisa Anda temukan diberbagai toko mainan bayi dan pusat perbelanjaan mainan kayu, tapi tidak semuanya baik dan cocok untuk anak Anda dan terlebih lagi, tidak semuanya mainan edukasi dan mendukung perkembangan kecerdasan mereka.

Jadi bagaimana cara memilih
alat permainan edukatif dan aman untuknya?
Pertama, saat Anda di toko alat mainan, perhatikan label alat peraga satu per satu dan perhatikan rekomendasi umurnya. Ini sangatlah penting untuk keselamatan balita Anda. Selain itu, perhatikan perilaku balita Anda dan tingkat perkembangannya, contohnya bila balita Anda masih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya, jangan berikan alat permainan yang mempunyai bagian-bagian kecil yang bisa tertelan atau membuatnya tersedak. Sebagian anak berhenti memasukkan benda ke mulutnya di usia 1 tahun, tetapi ada beberapa yang baru berhenti di usia 3 tahun, sehingga Anda pun harus menyesuaikannya. Selain itu, pilihlah mainan bayi yang tidak mudah rusak atau copot agar balita Anda tidak melukai dirinya saat bermain.

Setelah Anda menyesuaikan
alat mainan dengan umur dan perkembangan perilakunya, Anda bisa memilihkan alat permainan edukatif untuk perkembangan kecerdasannya. Beberapa contoh dari permainan edukatif untuk balita Anda adalah buku-buku cerita dengan gambar-gambar yang menarik dan pesan moral yang baik. Anda bisa membacakan cerita padanya sambil mengenalkan kata-kata baru dan mengajarnya mengenal alfabet. Jigsaw puzzle, mainan edukasi yang mudah dengan bagian-bagian yang tidak terlalu kecil pun bagus untuk melatih otaknya berpikir secara logis dan juga membantu ia belajar menyelesaikan masalah. Selain itu, alat peraga jigsaw puzzle, mainan kayu memberikan tantangan yang menarik untuk si Kecil yang akan membantunya saat ia bersekolah.Mainan lain yang edukatif untuk balita Anda adalah balok susun untuk membangun rumah-rumahan, gedung, mobil-mobilan dan lainnya. Pastikan Anda memilih balok susun yang bagian-bagiannya cukup besar sehingga tidak akan tertelan oleh si Kecil.

Berbagai macam alat musik pun sangat berguna untuk membantu perkembangan otaknya. Anda tidak perlu mengajarnya bermain piano atau gitar yang tentunya membutuhkan pelajaran khusus, tetapi Anda bisa membelikan dia drum kecil, tamborin, xylophone, keyboard sederhana dan juga tape kecil dengan lagu-lagu anak-anak yang ia sukai. Selain itu, sepeda roda tiga, dan ‘balance beam’ yaitu sebuah balok yang ditaruh di tanah dimana balita Anda bisa melatih berjalan dan keseimbangannya pun sangat berguna untuk melatih saraf-saraf motoriknya.

Pada akhirnya, ada berbagai macam mainan yang bisa berguna untuk membantu kecerdasan balita Anda. Pilihlah mainan yang sesuai dengan umurnya dan tidak hanya berguna untuk dimainkan tetapi juga menstimulasi kecerdasannya.

http://rafasadinacoorporation.blogspot.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Alat Permainan - Permainan Edukatif - Alat Permainan Edukatif - Mainan Bayi - Alat Peraga - Alat Mainan - Mainan Edukasi - Mainan Kayu dan Alat Permainan Edukatif: Mainan Bayi-Alat Peraga & Mainan Edukasi - Mainan Kayu Brebes di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }