Memelihara Kelinci di Rumah

Diposting oleh malamjumat on May 5, 2009



Kandang

* Usahakan kandang kelinci apakah itu
kelinci hias, dsb tidak lembab terjaga dari cuaca yang tidak bersahabat seperti: hujan,panas matahari dan hembusan angin secara langsung.

* lantai kandang
kelinci hias selalu dijaga kebersihannya karena sanitasi kandang yang kurang terjaga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Usahakan lantai kandang yang nyaman untuk kelinci seperti dari bambu dan kotoran bisa jatuh kepenampungannya

* Jumlah kelinci/
rabbit dalam kandang disesuaikan dengan luas kandang karna kandang yang sempit dengan kapasitas kelinci yang banyak sehingga terbatasnya ruang gerak kelinci dapat menimbulkan stres untuk kelinci dan biasanya kalau strees timbul penyakit yang ujungnya kematian

Makanan

* jangan berikan sayuran kepada
jenis kelinci hias ataupun jenis lain dalam bentuk "segar",pastikan harus dalam keadaan layu dan tidak busuk (jangan diberikan langsung dari lemari es).
Proses pelayuan berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar,juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret(kecuali kelinci anda makan tumbuh-tumbuhan dari alam bebas)

* Untuk pakan tambahan (konsentrat) bisa anda berikan pelet khusus kelinci (misal
jenis kelinci hias) atau bisa juga diberikan bekatul yang dicampur dengan sayuran dan ampas tahu diberi air sedikit-diaduk lalu diberikan ke kelinci

*Untuk urusan yang satu ini masih menimbulkan pertanyaan, kelinci boleh diberi air minum/tidak?
Boleh. Rumput dan hijauan segar yang masih muda mengandung kadar air lebih dari 80%.kalau seekor kelinci memakan hijauan sebanyak 5kg perhari,yang 4kg (4 liter) adalah air. Dari sinilah air minum kelinci terpenuhi (Kelinci potong dan hias, BSarwono). Anda bisa bertanya juga di tempat jual kelinci seperti tempat jual kelinci hias. Karna kami tidak memberikan makanan untuk kelinci-kelinci kami 100% sayuran maka kebutuhan air minum untuk kelinci yang di beri pakan tambahan konsentrat, mutlak adanya.

Faktor-faktor tambahan yang juga tidak kalah pentingnya yang perlu anda ketahui selain faktor-faktor diatas ialah;

*Lepaslah
kelinci anda dihalaman (terutama kelinci umur 2 bulanan),biarkan mereka bermain dan memilih memakan hijauan yang ada karna dengan begitu mereka terhindar dari stress.Bila sudah sore masukan kelinci kekandang lagi dan begitu seterusnya,awas hati-hati dengan predator yang dapat membahayakan kelinci anda.

*Usahakan bila
kelinci masih kecil jangan terlalu banyak digendong dan dipegang-pegang karna sekali lagi bila kelinci merasa tidak nyaman akan timbul stress dan ujung-ujungnya mati.

www.kaskus.us

Temukan informasi lainnya mengenai
Kelinci Hias - Beauty Rabbit - Jual Kelinci - Jual Kelinci Hias - Jenis Kelinci - Jenis Kelinci Hias - Kelinci - Rabbit hanya di Kelinci Hias / Beauty Rabbit: Jual Kelinci Hias-Jenis Kelinci Hias Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }