Limbah Kayu Jadi Uang

Diposting oleh Wike Furyandi on May 28, 2009


Bagi Anda penggemar Barang Kerajinan berbahan kayu, sambangilah sentra perdagangan berbahan baku kayu jati di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Di pinggir jalan penghubung antara Ngawi dan Kota Solo, Jawa Tengah, itu dijual berbagai macam Kerajinan Kayu yang dipajang oleh sekitar 30 galeri.

Berbagai perkakas dan aksesori ruangan yang terbuat dari limbah kayu jati banyak dijumpai di galeri-galeri itu. Macam dan harganya beraneka ragam, tergantung kualitas kayu jati dan proses pembuatannya, mulai Rp 10 ribu sampai jutaan rupiah.

Saat Tempo menyusuri gerai-gerai di sana, terlihat berbagai Barang Kerajinan yang khas dan unik. Kayu jati berukir wajah singa, misalnya, nyaris tak ada yang sama bentuknya. Ada yang menghadap ke kiri, kanan, dan depan.

Maklumlah, selain dibuat oleh tangan-tangan terampil yang independen, Kerajinan Tangan pahatan seni itu juga terimajinasi dari guratan-guratan bahan dasarnya.

Di sana juga terpajang Kerajinan Tangan yang diklaim paling laris manis, yakni kotak tempat menyimpan perhiasan dari kayu jati dengan ukuran 30 x 15 sentimeter. Harganya relatif murah, Rp 15 ribu.

Pengrajin Barang Kerajinan ini membuat berbagai bentuk kerajinan seperti asbak, kotak tempat menyimpan rokok, tempat payung, berbagai miniatur dari kayu (becak, perahu, mobil, pesawat terbang), dan pot bunga. Ada Kerajinan Kayu yang dihiasi dengan berbagai ukiran, ada pula yang dibiarkan alami oleh para Pengrajin Kayu dengan hanya dibentuk dari limbah kayu jati yang dihaluskan.

Bila pandai menawar, berbagai aksesori hasil karya Pengrajin Kayu itu bisa dibeli dengan potongan harga yang lumayan. Tak perlu banyak menguras isi kantong. Dijamin, Anda bisa mempercantik ruangan dan menambah koleksi. Berbagai aksesori unik ini juga bisa menjadi cendera mata setelah bepergian

Antusiasme akan tampak dari setiap pengunjung yang menjejakkan kaki di galeri-galeri ini. Pengunjung akan sibuk menelusuri satu per satu kerajinan yang dipajang. Terkadang mereka sibuk memotret berbagai macam bentuk kerajinan kayu yang dipajang karena kagum akan olahan tangan-tangan terampil Pengrajin Kerajinan seni kayu jati.

Jalur akses menuju galeri ini sangat mudah dan terjangkau karena letaknya di pinggir jalan. Jalan utama penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga dilewati angkutan umum.

Bila akan bepergian menuju Jawa Tengah atau pergi ke Museum Trinil di Ngawi, Jawa Timur, seyogianya beristirahat di kawasan hutan yang cukup rindang ini. Tentu sembari memilih kerajinan limbah kayu bernilai seni dan indah itu dari para Pengrajin Kerajinan yang penuh nilai seni ini.

Sumber: perumperhutani.com

Temukan info tentang kerjainan kayu di Kerajinan Kayu - Barang Kerajinan - Pengrajin Kayu - Kerajinan Tangan - Pengrajin Kerajinan - Pengrajin Barang Kerajinan dan Kerajinan Kayu: Barang Kerajinan Pengrajin Kayu & Kerajinan Tangan Bekasi Jawa Barat pada 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Seni Kerajinan Tangan Dari Sampah said...

Wah kayaknya mantap banget neh, jadi terinspirasi untuk berkarya lagi. thank bgt ya brot...atas infonya!!!