Kirim Barang

Diposting oleh Wikey on May 20, 2009


Bagi anda yang mempunyai suatu usaha dan sering melakukan Pengiriman Barang (Cargo Logistic) ke luar daerah, sebetulnya saat ini tidak perlu repot-repot lagi dalam mengatur pengiriman barang tersebut karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan jasa pengiriman barang (Logistic Service) yang baik dan mempunyai service yang bagus, baik dari segi kecepatan pengiriman maupun keamanan barang tersebut.

Pertimbangan yang umum dalam pengiriman suatu barang ke tepat lain adalah Harga, Kecepatan maupun Keamanan dari barang tersebut, disamping itu juga tentunya pelayanan dari perusahaan ekspedisi (Logistic Company).

Beberapa hal berikut yang bisa dijadikan pertimbangan dalam proses pengiriman barang:

Packing
Jenis packing mapun kekuatan packing sangat mempengaruhi apakah barang anda bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti.

Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: Jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) Beberapa ekspedisi tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu.

Pengiriman Melalui Udara

Jika anda mengirim barang melalui udara (Freight Logistic), sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan ekspedisi (Logistic Company) tersebut seberapa besar / berat yang diperbolehkan. Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yang ditentukan. Misal hanya dibatasi per koli cuma 150 kg saja. Lebih dari 150 kg harus dibagi menjadi 2 koli. Hal ini dikarenakan memang aturan dari operator pesawat. Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang. Lihat Freight Logistic Service dan Logistic Cargo.

Pengiriman Melalui Darat

Bisa menggunakan truk atau bis dan juga saat ini ada yang menyediakan “Wagon Bus” dimana bentuknya seprti Bis tetapi hanya untuk angkut barang saja. Carilah perusahaan ekspedisi (Cargo Logistic Service) yang mempunyai jasa pengiriman yang sudah terjadwal setiap hari-nya. Memang cukup sulit mengetahui apakah suatu perusahaan ekspedisi itu mempunyai jadwal yang tetap atau tidak. Banyak juga perusahaan ekspedisi yang menunggu memberangkatkan barang sampai mereka mendapatkan muatan penuh baru berangkat.

Pengiriman Laut

Jika muatan anda banyak (misal 20 - 25 M3) sebaiknya anda booking saja 1 container 20 feet (Logistic Service Company). Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan naik keatas kapal. Jika barang anda sedikit memang mau tidak mau barang anda harus digabung dengan barang-barang lain.

Sumber: belajarekspor.com

Temukan informasi mengenai Logistic Service | Cargo Logistic | Logistic Cargo | Freight Logistic | Freight Service | Logistic Company | Logistic Service Company | Freight Logistic Service | Cargo Logistic Service dan Logistic Service Company : Cargo Logistic Service & Freight Logistic Service pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }