Kerajinan Sepatu Lukis

Diposting oleh Wike Furyandi on May 18, 2009



SEPATU kini tak hanya jadi alas kaki semata. Belakangan, Design Sepatu kerap melengkapi penampilan dan menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.

Seiring dengan itu, mulailah bermunculan usaha rumahan kreatif. Salah satunya, usaha menyulap sepatu kanvas polos menjadi sepatu kanvas dengan lukisan berdesain unik. Lihat juga Desain Baju Kaos dan Baju Lukis.

Mereka yang menggeluti bisnis ini lazimnya berasal dari kaum muda. Contohnya saja Andina Nabila dan Nerissa Arviana, kakak beradik pemilik SpotLight Shop.

Dina, sapaan akrab Andina bercerita, usaha Sepatu Lukisnya bermula dari kegemarannya menggambar. Hobi mahasiswi Desain Komunikasi Visual ini ternyata klop dengan Ica, panggilan Nerissa yang gemar berbisnis.

Bermodalkan duit Rp 700.000, dua bersaudara itu mulai membangun usaha Sepatu Lukis. Duit itu mereka belikan 10 pasang sepatu kanvas polos yang harganya bervariasi antara Rp 30.000 - Rp 35.000 sepasang. Sisa modal mereka gunakan membeli berbagai peralatan, seperti cat, kuas, palet, pensil, dan setrika (Kaos Lukis).

Setelah semua bahan dan alat kerja lengkap, kedua bersaudara itu pun mulai melukis. Mula-mula sepatu kanvas putih polos digambar sesuai Design Sepatu yang mereka kehendaki dengan memakai pensil. Selain menyediakan beberapa kreasi sendiri, Dina dan Ica juga membebaskan pembeli memilih desain sendiri yang bisa dikirim lewat e-mail.

Setelah desain rampung, sepatu dicat atau diwarnai. Jangan lupa, pinggiran gambar dipertebal atau dibordir dengan spidol kain. Nah, setelah cat kering, sepatu disetrika. Agar tak rusak, sepatu harus dialasi kain. Buat mengerjakan semua proses itu, Dina dan Ica butuh waktu dua hari. Lihat Kaos Lukis dan Baju Lukis.

Tentu saja harga sepatu garapan SpotLight berbeda, tergantung model dan kerumitannya. Model nya beragam mulai dari flat slip on, flat tali, vans, hingga converse untuk pria.

Saat ini, dua gadis belia ini menerapkan tiga level harga. Pertama, Rp 110.000- Rp 120.000 untuk sepasang sepatu kanvas bergambar simpel garis dan bulat. Kedua, Rp 120.000-Rp 130.000 buat sepatu bergambar orang, boneka atau tokoh kartun. Dan, Rp 200.000 untuk sepatu edisi khusus dengan desain bergambar banyak, runut, dan kecil-kecil.

weekend.kontan.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai Desain Baju - Desain Baju Wanita - Desain Baju Kaos - Sepatu Lukis - Baju Kaos - Baju Wanita - Desain Kaos - Baju Lukis - Kaos Lukis - Design Sepatu hanya di Desain Baju: Desain Baju Wanita - Desain Baju Kaos & Design Sepatu Lukis Cilandak Jakarta pada 88db.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

didin said...

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan cat lukis khusus untuk tekstil , silahkan menghubungi "BALISTHA color paint for textile" cat bersifat "water base, non toxic, no odor, tidak kaku dan tahan luntur. silahkan kontak TRIE 08157136257 atau ATIE 08122096248. Trims...